Ukir Sejarah, Kajari Sijunjung Bertindak Sebagai Irup Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

471

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ukir sejarah dan pertama di Ranah Lansek Nanih dan bisa jadi di Sumbar. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sijunjung, Sumatera Barat, Adi Nuryadin Sucipto, SH,MH, Bertindak Sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Orang nomor wahid di Kejari Sijunjung itu didapuk sebagai Irup upacara penurunan bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023, pada Kamis (17/8/2023) sekira pukul 16.00 WIB hingga selesai di Lapangan M. Yamin Muaro Sijunjung.

Upacara penurunan bendera merah putih yang dipimpin Kajari Sijunjung itu berjalan khidmat.

Hadir di acara yang berlangsung khidmat itu, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Sekdakab Dr. Zefnihan, AP,M.Si, Ketua DPRD, Anggota Forkompimda (Kapolres, Dandim, Kejari, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama), Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Kabag Setda, dan Pejabat Struktural dan Fungsional lainnya.

Hadir juga Ketua TP. PKK, Ketua GOW, Ketua Persit, Ketua Bhayangkara, Ketua Iswara, Ketua DWP,  Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, Orang Tua/Wali Paskibraka, Insan Pers juga hadir.

Untuk diketahui, bertindak selaku komandan upacara adalah AKP Barata Rahmat Sukarsih, SH, Kasat Shabara Polres Sijunjung.

Sedangkan untuk anggota Paskibraka yang membawa baki dalam upacara tersebut adalah Diva Alfi Nur Aini dari SMAN 4 Sijunjung.

Sementara yang bertugas menurunkan bendera adalah Nauval Hafis Zaky dari SMAN 4 Sijunjung, Davva Adha Suryaningrat dari SMAN 2 Sijunjung dan Fadlih Arrijalu Gawwa Muna dari SMAN 1 Sijunjung.

Prosesi sakral penurunan sang Merah Putih ini berjalan dengan khidmat dan lancar, dengan kesiapan yang prima, para Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) berhasil menjalankan tugasnya dengan baik dan lancar.

Sebagai informasi Paskibraka yang bertugas dalam upacara penurunan tersebut sebanyak 72 orang. Ke 72 Paskibraka ini adalah putra putri terbaik yang telah melalui proses seleksi hingga pelatihan dengan pelatih dari TNI, Polri dan dibantu Purna Paskibraka Kabupaten Sijunjung.

Kepala Kejaksaan Negeri Sijunjung, Adi Nuryadin Sucipto, SH., MH mengucapkan rasa syukurnya karena seluruh rangkaian upacara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 berjalan dengan lancar.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Paskibra dan panitia penyelenggara,” ujarnya

Sementara pada paginya, bertindak sebagai Irup Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here