Bapppeda Sijunjung Gelar LABINOV, Ini Harapan Wabup H.IraddatillahS.Pt

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung adakan kegiatan Laboratorium Inovasi (LABINOV) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 2 Bapppeda Kabupaten Sijunjung selama tiga hari, dimulai dari Selasa sampai dengan Kamis (12-14/9/2023-red).

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt pada Selasa (12/9/2023). Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Daerah, DR. Zefnihan, AP. M.Si dan Kepala Bapppeda Sijunjung, Dra. Yuni Elviza, MT dengan Narasumber utama dari Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI yaitu Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH. MA.

Narasumber lainnya dari LAN RI diantaranya, Yeyen Sukrilah, S.Pd (Analis Kebijakan Pertama Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi LAN RI), Rizkyana Zaffrindra Putri, SH. MH ( Analis Kebijakan Ahli Pertama Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi LAN RI), dan Dian Eka Rahayu Sawitri, SH, MH (Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi LAN RI).

Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung, Dra. Yuni Elviza, MT, selaku ketua pelaksana kegiatan menyebutkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan LABINOV ini untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menumbuh kembangkan inovasi guna meningkatkan kualitas kinerja di Lingkungan Pemerintah Daerah serta untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan pelayanan publik yang berkualitas, inovatif dan berintegritas di Kabupaten Sijunjung sesuai misi RPJMD.

Adapun peserta pelatihan ini lanjut Yuni, adalah lebih kurang 50 orang terdiri dari Kepala Perangkat Daerah (PD) dan Camat se Kabupaten Sijunjung atau pengelola Inovasi di Lingkup OPD Masing-masing yang nantinya akan tergabung dalam Tim Koordinasi Inovasi Daerah Kabupaten Sijunjung tahun 2023, ditambah dengan panitia pelaksana dari Bapppeda.

PERANTAU SIJUNJUNG

Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan ucapan selamat datang kepada Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI, Bapak Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH. MA beserta rombongan yang telah hadir di Kabupaten Sijunjung dalam rangka memberikan motivasi dan pendampingan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung.

“Kami sangat menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Tri Widodo beserta rombongan dari LAN RI yang telah memberikan motivasi dan pendampingan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung melalui Laboratorium Inovasi ini untuk membangun Pemkab Sijunjung lebih baik, kami berharap nantinya agar Narasumber dari LAN memberikan semua ilmunya kepada kita semua sehingga bisa melahirkan inovasi inovasi dan ide terbaik dalam membangun Kabupaten Sijunjung yang kita cintai ini,”harap Wabup.

Wabup Iraddatillah juga mengatakan bahwa Inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Inovasi menjadi salah satu tol dalam mengakselerasi peningkatan daya saing. Pemerintah Daerah menjadi salah satu ujung tombak pelayanan publik yang wajib melakukan inovasi. Pelayanan publik yang inovatif akan meningkatkan pelayanan, pemberdayaan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan daya saing yang lebih tinggi.

“Kepada semua peserta kami harapkan untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh sungguh. Mari kita ciptakan inovasi dan ide ide kreatif dalam membangun daerah kita. Ayo dari sekarang kita mulai bersama sama merubah kearah yang lebih baik diawali dari diri kita sendiri, kalau bukan kita yang memulai perubahan, kedepannya tidak akan berkembang nantinya,”ajak Wabup.

Pada kesempatan itu Wabup Iraddatillah juga menyampaikan bahwa Kondisi dan perkembangan inovasi daerah Kabupaten Sijunjung dalam penilaian Indeks Score (IS) yaitu, tahun 2021 dengan target IS 38 dan terealisasi 38, 14. Tahun 2022 dengan target IS 54 dan terealisasi 54, 13. Tahun 2023 dengan target IS 57 dan terealisasi 57, 56.

“Berdasarkan penilaian IS tersebut diatas Kabupaten Sijunjung 3 tahun berturut turut termasuk dalam kategori daerah Inovatif . Kegiatan Laboratorium Inovasi ini sangat diperlukan mengingat target indeks inovasi daerah tahun 2024 Kabupaten Sijunjung pada RPJMD adalah 60. Yang mana nilai IS 60,01 termasuk kategori sangat inovatif, oleh karena itu dibutuhkan kegiatan ini untuk menguatkan capaian target tersebut,”ujar Wabup Iraddatillah.andi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.