Pelaku Usaha Sijunjung Ikuti Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner, Ini Kata Ketua Dekranasda

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ketua TP PKK, Ny. Riri Benny Dwifa selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner di Destinasi Pariwisata bagi pelaku usaha se Kabupaten Sijunjung pada Kamis 12 Oktober 2023 malam

Pelatihan yang di dilaksanakan di Resort Hotel Bukittinggi oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga selama 3 hari, yaitu dari Kamis sampai dengan Sabtu, 12 s/d 14 Oktober 2023 ini diikuti sebanyak 35 orang terdiri dari pelaku Ekraf, Pengelola Hotel, Pengelola wisma, Pengelola Homestay, dan Pengelola Desa Wisata se Kabupaten Sijunjung.

Selain membuka pelatihan tersebut, Ny. Riri Benny Dwifa langsung menjadi narasumber yang menyampaikan materi tentang pemasaran kuliner dalam Mengomunikasikan Inovasi dan Higienitas Kuliner

Nara sumberlainnya pada pelatihan tersebut adalah Lufi Jaya Lesmana dari Consultant Chef dan Operational Manager, Dr. Satria Haris dari Dosen Tetap UNP, Afrineldi, SH selaku Kepala Dinas Parpora Kab.Sijunjung, Dr. Yuliana, SP, M.Si dari Dosen Fakultas Pariwisatabdan Perhotelan UNP, dan Prof.Dr. Siti Fatimah, M.Pd, M.Hum Dosen Uiversitas Negeri Padang.

PERANTAU SIJUNJUNG

20231012_233436
Ketua Dekranasda, Ny. Riri Benny Dwifa dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah dalam rangka mengantisipasi membludaknya wisatawan di masa yang akan datang menyiapkan dua paket sekaligus yakni satu destinasi dan satu kuliner.

“Harapan kita hari ini teman-teman yang bergerak dalam kuliner harus memahami bagaimana mereka menyajikan makanan yang benar-benar sehat dan higienis. menjaga kebersihan saat ini mutlak dibutuhkan atau sebuah tuntutan semua wisatawan saat berkunjung ke destinasi wisata dan menikmati kuliner syaratnya harus bersih, higienis dan sehat,”ujar Riri

Untuk itu ujar Riri, kita perlu menyiapkan SDM yang secara khusus bergerak di bidang kuliner. Untuk mencapai tujuan tersebut maka melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan personil sehingga memiliki daya saing dengan sesama pelaku usaha kuliner dalam mengolah sajian.

“Diharapkan melalui pelatihan ini seluruh peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan untuk menciptakan inovasi diversifikasi makanan khas daerah dengan tetap memperhatikan aspek kebersihan dalam pengemasannya. Pelaku usaha kuliner di obyek wisata memiliki peran yang sangat penting dalam hal mempromosikan dan memberikan pelayanan bagi wisatawan. Semoga para peserta dapat mengambil ilmu dan menerapkan pada sajian di obyek wisata masing-masing,”harap Ny. Riri Benny Dwifa yang juga selaku owner citra swalayan tersebut (Andri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.