Pemko Tawarkan Investor Kelola Lantai Atas Blok C Pasar Sawahlunto Untuk Pusat Wisata Kuliner

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Pemerintah Kota Sawahlunto buka peluang investasi pengelolaan lantas atas pasar baru blok C untuk dijadikan areal kuliner terpadu. Kondisi lantai atas blok C yang saat ini tidak ditempati lagi oleh pedagang dan terbengkalai, semestinya dicarikan solusinya agar bisa dimanfaatkan kembali.

“Kita tengah mengupayakan agar ada investor atau pihak ketiga yang mau mengelolanya,” ujar Penjabat Wali Kota Sawahlunto Zefnihan saat turun meninjau kondisi terkini pasar baru Sawahlunto bersama ketua dan Wakil Ketua DPRD dan segenap unsur OPD, Senin (9/10/2023).

Pj Wako Zefnihan menilai, pengembangan lokasi ini harus memiliki daya tarik baru, sehingga mampu mengundang animo masyarakat dan wisatawan berkunjung.

“Harus ada yang menarik atau sesuatu yang baru, jika tidak apa yang dibangun hanya sekedar berputar bagi warga kota saja. Kita mau dengan brand kota wisata tambang dan juga kota warisan dunia, Sawahlunto mampu menyajikan kelengkapan- kelengkapan wisata yang representatif, salah satunys pusat kuliner ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperindag Sawahlunto Tatang Sumarna menyebut, pihaknys telah menawarkan lokasi tersebut kepada pihak ketiga, namun saat pandemi Covid mendera, rencana pengembangannya belum terlaksana hingga saat ini.

Epi

“Secara prinsip telah disiapkan bagi investor yang ingin mengembangkan lokasi tersebut,” kata dia.

Wakil Ketua DPRD Sawahlunto, Jaswandi saat ditawarkan oleh Pj Wako Zefnihan untuk mengelola lokasi dimaksud, menyatakan siap untuk berinvestasi.

“Secara pribadi dan lembaga saya siap untuk mendukung sepenuhnya, setiap pembangunan yang direncanakan oleh pemerintah daerah. Namun tentu akan kita kaji lebih jauh konsep apa yang bagus untuk kita kembangkan,” ungkapnya.

Haji Wan menilai, potensi dalam memaksimalkan pertumbuhan ekonomi di Sawahlunto terletak pada destinasi wisata dan juga pasar. Saat ini sebut dia, kurang optimalnya bangunan pasar khususnya lantai atas itu secepatnya harus dicarikan alternatif lain sehingga geliat ekonomi masyarakat pasar bisa kembali bergairah.

“Untuk Sawahlunto kami siap bersinergi, berkolaborasi dan bekerjasama membangkitkan sektor wisata dan lainnya agar ekonomi masyarakat kembali terangkat,” ujar dia. Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.