KPU Sijunjung Melaksanakan Simulasi Tungsura

866
Juni Wandri

Juni; Tujuan kegiatan simulasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman penyelenggara pemilu dalam memberikan pelayanan di TPS  pada 14 Februari 2024 nantinya. Dalam simulasi ini pemilih merupakan pemilih rill TPS 19 muaro

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam rangka persiapan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang difasilitasi Pemkab Sijunjung, Sumbar, menyelenggarakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) dalam Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Sijunjung.

Simulasi dilaksanakan di Gedung Pancasila Muaro, Selaaa (26/12/2023). Bupati Sijunjung, diwakili Kadis Kominfo, Sijunjung, David Rinaldo, Ketua KPU Kabupaten Sijunjung, Dori Kurniadi, jajaran Forkopimcam, Pemkab Sijunjung, dan KPU Kabupaten Sijunjung juga hadir dalam simulasi tersebut termasuk para komisioner, sekretaris dan staf KPU juga hadir.

Bupati diwakili Kadis Kominfo, mengatakan, hari ini tepat 50 hari lagi menuju Pemilu serentak tahun 2024, diperlukan komitmen dan upaya bersama seluruh stakeholder, agar penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 dapat berlangsung sukses, aman, lancar, kondusif, berkualitas dan berintegritas.

“Pemkab Sijunjung sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, tentunya kita berharap dengan adanya simulasi ini, petugas yang telah ditunjuk untuk pemungutan dan penghitungan suara memahami betul keseluruhan proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara sehingga dapat berjalan sebagaimana mestinya,” kata David.

Ia menambahkan, terkait penggunaan Sirekap dalam Pemilu tahun 2024 di TPS, tentunya kita sambut baik. Kita berharap dengan menggunakan aplikasi Sirekap dapat meringankan beban kerja KPPS serta dapat menekan resiko pemungutan suara ulang.

“Mari kita jaga kondusifitas, hati-hati terhadap hoax, hindari unsur sara dan patuhi semua ketentuan dan peraturan yang berlaku terkait Pemilu 2024. Bersama-sama kita wujudkan Pemilu yang damai, bermartabat, dan berintegritas untuk kemajuan bangsa,” tambah David.

Ketua KPU Kabupaten Sijunjung, menjelaskan, menyebutkan simulasi pemungutan serta penghitungan suara menjadi penting.  “Karena kita akan melakukan adopsi penggunaan teknologi baru dalam pemungutan dan penghitungan suara yakni aplikasi Sirekap,”sebut ketua KPU.

“KPPS juga kita libatkan hari ini, mereka yang nantinya akan menyelenggarakan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Saya berpesan, jadilah penyelenggara Pemilu yang berintegritas, yang benar-benar memberikan kepercayaan kepada publik,” tambah,”Juni Wandri salah seorang komisioner KPU.

Terlihat juga hadir, komisioner KPU, Bayu Agung Perdana, Juni Wandri, Ria Meilani dan
Susila Andika serta Sekretaris KPU juga terlihat hadir.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here