Ninikmamak di LKAAM Sijunjung Bermusda, Secara Aklamasi Zulma Fitra Dt Gindo Jalelo Terpilih sebagai Ketua LKAAM masa Bhakti 2023-2028

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, membuka Musda XII Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Sijunjung yang ke- XII, di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis (14/12/2023).

Musda LKAAM  ke XII di Kabupaten Sijunjung ini mengusung tema “Melalui Musyawarah Daerah ke XII Kabupaten Sijunjung ini kita wujudkan Kabupaten yang beradat dan berbudaya Minangkabau yang berlandaskan kepada Adat bersandi Syara’, Syara’ bersandi Kitabullah, Syara’ mangato Adat Mamakai, Alam takambang jadi Guru”

Abdul Rahman Dt. Rajo Nan Putieh selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa acara Musda LKAAM ke XII Kabupaten Sijunjung berlangsung selama 1 (satu) hari, dimana jumlah peserta sebanyak 130 orang yang berasal dari Ketua LKAAM Provinsi, Ketua KAN, Ketua LKAAM se Kabupaten Sijunjung, ketua Bundo Kandung Provinsi, ketua Bundo Kandung Kabupaten Sijunjung, LKAAM Kecamatan, serta turut dihadiri juga oleh unsur Forkopimda, kepala OPD di lingkup Pemkab Sijunjung, Camat se Kabupaten Sijunjung, Rajo Ibadat, Rajo Tigo Selo Jambu Lipo, Walinagari dan Kepala Desa se Kabupaten Sijunjung serta tamu undangan lainnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung dan juga LKAAM Provinsi yang telah ikut andil besar dalam mensukseskan acara Musda LKAAM ke XII Kabupaten Sijunjung ini,” tambah Dt.Rajo Nan Putieh.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya berharap Musda XII LKAAM Kabupaten Sijunjung berjalan lancar dan aman, dan kedepannya menjadi garda terdepan dalam membentuk generasi yang berkarakter, Akhlakul Karimah, cerdas, mengerti dan memahami adat dalam bingkai ABS- SBK, serta LKAAM dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam percepatan pembangunan.

“Pemerintah Kabupaten Sijunjung berkomitmen untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia terutama Ninik Mamak dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan juga memberikan jaminan sosial melalui BPJS” tambah Bupati.

Saat ini pemerintah Daerah sedang gencar-gencarnya m laksanakan pembangunan disegala bidang, dan disini peran pemangku adat sangat di butuhkan untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah,” lanjut Bupati Benny.

Benny berharap dengan momentum Musda LKAAM ini bisa sama-sama bersinergi untuk membangun Sijunjung ini lebih baik kedepannya.

Diakhir sambutannya Bupati Sijunjung mengucapkan selamat melaksanakan Musda LKAAM ke XII Kabupaten Sijunjung, semoga dapat terbentuk kepengurusan yang solid dan program kerja yang lebih baik.

PERANTAU SIJUNJUNG

Sementara itu, Drs. H. Syafrizal Ucok Dt. Nan Batuah Plt. LKAAM Sijunjung yang mewakili Ketua Umum LKAAM Sumatera Barat Fauzi Bahar Dt. Nan Sati yang berhalangan hadir menyampaikan permohonan maaf karena berhalangan hadir di Musda XII ini.

“Semoga di Musda ini , dapat menghasilkan pimpinan LKAAM Kabupaten Sijunjung yang mampu membawa masyarakat ke arah yang lebih baik,” tambah  Syafrizal Ucok Dt. Nan Batuah.

“Musda XII LKAAM Sijunjung dilahirkan secara musyawarah dan mufakat, sebagai ciri masyarakat Minangkabau itu sendiri, Pepatah mengatakan bulek aia dek pambuluah, bulek kato dek mupakaik, nan bulek samo kito golongkan, nan picak samo kito layangkan,” ujar Syafrizal Ucok Dt. Nan Batuah.

Setelah melalui proses bermusyawarah secara aklamasi, Zulma Fitra Dt Gindo Jalelo Terpilih sebagai Ketua LKAAM masa Bhakti 2023-2028.

Sebelumnya, Zulma Fitra Dt Gindo Jalelo menjabat sebagai Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Tanjung Bonai Aur (TBA). Berbagai ucapan selamat dari ninikmamak yang berada di Ranah Lansek Manih pun disampaikan pada ketua terpilih.

Epi Radisman Dt Pdk Alam,SH

“SELAMAT atas terpilihnya Zulma Fitra Dt Gindo Jalelo secara aklamasi sebagai Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung masa Bhakti 2023-2028, dalam Musda ke-12 LKAAM Kab Sijunjung di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung, pada Kamis (14/12-2023),”tulis Epi Radisman Dt Pdk Alam,SH, mantan Ketua LKAAM Sijunjung di grup Whatsapp Sijunjung Hebat.

“Semoga ;”Kuek dibuek, Endah dibaso, Jago Soko Jo Pusoko,”tambahnya.

Hendra Basri Walinagari TBA

“Alhamdulillah…, semoga keberadaan beliau berarti bagi LKAAM Kabupaten. Khususnya dan Kabupaten Sijunjung umumnya pak Datuak @⁨~Sy.Dt Rajo Dubalang,SH⁩ . Tali Tigo Sapilin,
Tungku Tigo Sajarangan,”tambah Walinagari TBA, Hendra Basri di Whatsapp Grup Sijunjung Hebat itu.rilis/ovi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.