10 Titik Longsor Timbun Jalan Batu Bala – Langgai

658

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sejumlah tempat di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Akibatnya, disamping terjadinya banjir juga menyebabkan fasilitas umum seperti jalan tidak bisa dilewati.

Setidaknya, ada 10 titik ruas jalan yang tak bisa dilewati karena tertimbun longsor. Sehingga dari dan ke Kampung Langgai, Nagari Gantiang Mudiak Utara, Kecamatan Sutera, tak bisa diakses.

Bupati Pesisir Selatan mengintruksikan Sekda dan OPD terkait untuk mencek kondisi lapangan dan mengambil penanganan segera, sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan normal.

“Disamping alat berat kita, sejumlah peralatan berat provinsi sedang menuju lokasi” ujar Sekda, Sabtu, 20/01, dari lokasi.

Titik longsor tersebut bahkan ada yang mencapai panjang 25 meter, sehingga perlu bantuan alat berat, sementara untuk longsor yang pendek 5 meter masyarakat masih terlihat bergotong royong berusaha membuka akses.

Tim OPD Pemda yang berada dilokasi langsung melakukan aksi sigap, dan ikut serta bersama-sama masyarakat setempat untuk membersihkan sarana pendidikan yang ikut terendam terendam, terutama di Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih.

Sementara itu, jalan lingkar Kampung Batu Bala juga terban atau ambalas ke bibir sungai.

“Terkait dengan jalan Batubala, Tim PU dan BPBD segera membuat DED dan tahun ini akan segera dikerjakan,” ujar Sekda.

Camat Sutera, Dailipal dalam laporanya menyebutkan, bahwa disamping 2 kampung yang aksesnya terganggu, banjir juga menggenangi Kayuaro dan kampung Ampalu Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantih.

“Kampung Kayugadang Utara, memang ada sejumlah lahan pertanian terendam dan sekolah juga, saat ini termonitor air sudah surut,” imbuhnya.

Untuk kerugian sementara masih dihitung. (Wendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here