Di Sijunjung, Pemuda Pelopor Nasional Lakukan Demonstrasi Cara Pembuatan Kompos

640

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pemuda Pelopor tingkat Nasional Govvinda Yuli Effendi melakukan demonstrasi cara pembuatan kompos dari sisa makanan pada Sabtu (20/1/2024) di Muaro Sijunjung.

Igov, demikian sapaannya, adalah Pemuda Pelopor tingkat Nasional tahun 2023 kategori sumberdaya alam, lingkungan dan pariwisata yang berasal dari Kabupaten Sijunjung.

“Peserta kali ini adalah empat orang siswa SMPN 14 Sijunjung serta dua orang pelajar SDN 17 Sijunjung,” ujar Igov.

“Ini sekaligus upaya kita memperkenalkan peduli lingkungan sejak dini,” lanjut Igov yang juga Direktur Bank Sampah Berkah, Muaro Sijunjung.

Dalam kesempatan itu Igov mendemontrasikan cara pemanfaatan sampah yang berasal dari sisa makanan seperti lobak, wortel, kulit kentang, sisa nasi, tulang ikan, tulang ayam menjadi pupuk dengan metode biopori.

“Pertama kita buat lobang di tanah dengan menggunakan bor tanah sedalam satu meter lebih, lalu masukan paralon bekas sepanjang satu meter yang telah diberi lobang kelilingnya, kemudian kita masukan sampah sisa makanan maupun dedaunan,” Igov memaparkan.

Selain memanfaatkan sampah, biopori juga bermanfaat sebagai pupuk dan dapat mencegah terjadinya genangan air dimusim hujan.

Igov selanjutnya mengajak peserta pelatihan berbayar itu membuat pupuk kompos dengan bahan utama sampah sisa makanan ditambah serbuk gergaji, tanah dan dekomposer.

Setelah dicincang-cincang, diaduk, lalu bahan-bahan dimasukan kedalam wadah cat bekas yang telah dilobangi bagian bawahnya untuk selanjutnya diletakan ditanah yang telah digali sedalam 10 sentimeter.

Peserta didampingi guru sekolah yang mengikuti acara itu sangat antusias dan bertekad untuk menerapkannya di lingkungan sekolah dan tempat tinggal masing-masing.

“Inti daripada pemanfaatan sampah yaitu sampah organik dijadikan pupuk dan tidak ada membakar sampah,” tutup Igov.ag

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here