Bupati Sijunjung Hadiri Acara Berkaul Adat Di Jorong Galogah Nagari Kamang

276

JURNAL.SUMBAR | Sijunjung – Masyarakat Jorong Galogah, Nagari Kamang baru, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan acara Bakaua Adat, Kamis (7/3/2024).

Kegiatan itu dihadiri Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Kepala OPD terkait, Camat Kamang Baru, Direktur PDAM, Pj Wali Nagari setempat dan undangan lainnya.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dalam arahannya mmengapresiasi kegiatan ini, Karena ini merupakan tradisi yang harus kita jaga dengan baik, kita lestarikan.

“Saya mengajak kita semua, khususnya masyarakat di Nagari Kamang untuk menjaga dan melestarikan segala tradisi yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita, salah satunya bakaua yang kita laksanakan pada siang ini. Kalau tidak kita, siapa lagi yang akan melestarikannya”, ungkapnya.

Ia berpesan kepada niniak mamak dan pemuka adat, pemuka masyarakat nagari Kamang untuk terus melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini, sehingga bakaua tetap dikenal tentunya oleh generasi- generasi penerus kita di masa mendatang.

“Kami juga megapresisasi atas terselengaranya pemilu damai di Nagari Kamang.”

Niniak Mamak, Syafri menjelaskan kegiatan tersebut merupakan tradisi yang sudah turun temurun dari nenek moyang mereka sejak dulu kala dan merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Kegiatan sebagai ungkapan rasa syukur yang diluapkan oleh masyarakat atas berkat dan karunia dari Allah SWT yang rutin digelar setiap tahun.

Selain mensyukuri nikmat serta berdoa memohon rezki kepada Allah SWT, bakua yang kita gelar dalam rangka untuk saling maaf memaafkan dalam menyambut bulan suci Ramdhan 1445H/ 2024 M.ven

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here