Sumbar Berduka, Sejumlah Wilayah Di Kota Padang Direndam Banjir

Jurnal Sumbar

Kota Padang Direndam Banjir (foto-foto ist)

JURNAL SUMBAR | Padang – Sejumlah wilayah di Kota Padang, Sumatera Barat, terendam banjir akibat hujan lebat yang terjadi sejak Kamis (7/3/2024) siang. Ratusan rumah terendam hingga satu meter lebih, bahkan ada yang hanyut.

Banjir terjadi di sejumlah lokasi. Antara lain, Kelurahan Banuaran, Kecamatan Lubuk Begalung dan Kecamatan Limau Manis Selatan. Hujan lebat masih mengguyur sampai malam ini.

Tim gabungan dari TNI-Polri dan BPBD Kota Padang, bahu membahu mengevakuasi warga yang rumahnya terendam air. Menggunakan perahu karet, warga dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Salah satunya, keluarga yang memiliki seorang bayi. Keluarga tersebut sempat bertahan di lokasi atap rumah menunggu datangnya bantuan evakuasi. Mereka kemudian berhasil dibawa ke tempat yang lebih aman.

Selain di Lubuk Begalung, banjir juga melanda Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, tepatnya di kawasan Pondok Permai. Disini, sebuah rumah milik Basyiruddin yang berada di RT 05, RW 03 rusak tergerus aliran batang sungai limau manis. Sebagian bangunan hancur dan barang berharga miliknya ikut terbawa banjir.

Akibat banjir, sejumlah rumah dilaporkan hanyut

Menurut Basyiruddin, aliran sungai yang ada di belakang rumahnya sudah berulang kali dilaporkan dan diminta agar diperbaiki, namun tak kunjung dilakukan.

“Sudah lama kita ajukan ke pemerintah agar ini diperkuat dan ditanggulangi, karena kita melihat ini sangat berbahaya. Empat kali kita ajukan ke pemerintah. Gubernur (Sumbar) Mahyeldi juga sudah pernah datang, tapi sampai hari ini, begini kejadiannya. Selama ini tidak ada tanggapan,” katanya.

PERANTAU SIJUNJUNG

Belum ada data resmi berapa banyak dampak yang disebabkan musibah ini. Saat ini warga yang rumah nya terendam banjir sudah diungsikan ke masjid dan tempat aman lainnya.

“Hujan sempat berhenti, namun itu hanya sesaat. Kini hujan kembali lebat dan sudah masuk kerumah,”ujar Tati salah seorang warga di Kampungjua Padang, pada Jurnalsumbar.Com, Kamis (7/3/2024) via telepon selularnya, yang saat ini, suaminya juga masih berada di pabrik tempat ia bekerja diduga juga dikepung banjir.

Korban banjir saat ini membutuhkan baju kering, selimut, makanan dan perlengkapan bayi.

Sebanyak 40 rumah di daerah Banuaran Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Sumatera Barat terdampak banjir.

Banjir yang terjadi di daerah Banuaran tersebut dikarenakan hujan yang lebat melanda Kota Padang dari siang hingga malam hari, Kamis (7/3/2024)

“Iya ada sekitar 40 rumah yang terendam karena banjir tersebut,” ujar Camat Lubuk Begalung Andi Amir melalui telepon, Kamis (7/3/2024) seperti dikutif dari Kompas.Com.

Bahkan Rt 01 Rw 06 Lubuk Kilangan Kota Padang juga disapu banjir. Air masuk ke rumah-rumah penduduk. Sejauh ini belum ada korban jiwa akibat bencana yang melanda Kota Padang itu.

Sumber lain melaporkan, ada sejumlah titik bencana yang terjadi di Kota Padang.

1. Pohon tumbang menghambat seluruh badan jalan mengakibatkan kemacetan cukup panjang Jln raya padang painan gunung meru,gates. (sudah dikerjakan)
2. Pohon tumbang menghambat jalan disimpang by pass dekat bank BRI (sudah dikerjakan)
3. Pohon tumbang menghambat jalan dekat kantor rokok gudang garam (sudah dikerjakan)
4. longsor menghambat akses jalan di lubuk paraku (sudah bisa dilalui)
5 jebolnya saluran air PT. Semen padang mengakibat banjir perumnas 2 indarung, Rt/Rw03/05
6. Warga Kel. tabing bandar gadang melakukan upaya evakuasi mandiri
7. banjir di Rw 2 kel. Banuaran nan XX air sungai meluap ke rumah masyarakat. untuk saat ini Tim Rescue BPBD bergabung bersama damkar di lokasi (sudah di evakuasi)
8. Banjir digurun laweh dekat nurul islam dan kantor lurah gurun laweh (sudah di evakuasi)
9. Simpang Buah Pulai auduri Dekat Mushalah Ainul Yaqin dengan ketinggian air mencapai 1 s/d 2 Meter
10. wisma utama pulai air kel. parak laweh nan XX (sudah melakukan evakuasi mandiri)
11. Kompleks perumahan kharisma Koto baru Kec. Lubuk Begalung dengan ketinggian air mencapai 1.5 Meter 70 Rumah terdampak Banjir
12. Pohon Tumbang di Jln koto pajang limau manis RT 01 RW 08 kel.limau manis kec. Pauh padang no 65
13. Pohon Tumbang di Dekat Saluran Banjir Kanal Muaro Lasak Keluarahan Rimbo Kaluang Kec. padang Barat
14.Banjir di Pantai pasie nan tigo di wilayah brawan abrasi RW 07 Kec. Koto Tangah
15. Orang terjebak banjir di lokasi Koto Duku RT. 02/04 Kel. Koto Lalang Kec. Lubuk Kilangan
16. Pohon tumbang Muaro lasak.kel rimbo kaluang.mohon
17. Orang terjebak banjir di ladang di Koto Lalang Kec. Lubuk Kiliangan (Korban masih beada di Perkebunan yang cukup Tinggi) sumber WA grup/sumber;detik.com/kompas.com/kas/efr

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.