Ruas Jalan Kota di Kolok Mudik Sawahlunto Amblas dan Nyaris Putus, Ribuan Warga Terancam Tidak Ada Air, Pemko Terkesan Cuek

Jurnal Sumbar

Inilah kondisi jalan amblas dan nyaris putus di Kolok Mudik itu

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Ternyata bukan hanya jalan provinsi yang mengalami “akut” rusak berat, ternyata di Kota Sawahlunto, Sumateta Barat, ruas jalan kota juga ada yang ambals dan nyaris putus. Bahkan mengancam ribuan warga tak dapat aliran air bila pipa PDAM sempat patah.

Tak percaya? Tengok saja di Desa Kolok Mudik, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto.

Kondisi jalan rusak itu persis tepat berada depan Pertashop CV.Puncak Sari Malam dan tak jauh dari pintu Gerang UNP Kampus Sawahlunto dan hanya berjarak beberapa meter dari kantor Dinas PUPR Sawahlunto.

Kondisi carut marut jalan rusak di Sawahlunto itu sudah berlangsung cukup lama. Tak jelas, kenapa jalan rusak di Kota “Kuali” terkesan diperbiarkan begitu saja, seakan pihak terkait hanya cuek dan tak peduli terhadap infrastruktur di daerah itu.

Melewati Pusat Kota, Masyarakat Sawahlunto Resah Terhadap Rombongan Truk Angkutan Batu Bara

PERANTAU SIJUNJUNG

Camat Barangin, Kota Sawahlunto, Subandi,SH, tak menapik kondisi jalan rusak di daerahnya itu.

“Jalan itu amblas dan nyaris putus, dan itu harus segera ada solusinya dan berhentilah menyalahkan alam,”tegas camat yang cukup kritis menyikapi persoalan infrastuktur yang jelek diwilayah kerjanya itu, kepada Jurnalsumbar.Com, Kamis (21/3/2024).

Subandi,SH, Camat Barangin

“Ternyata bukan jalan provinsi saja yang parah rusaknya, namun jalan kota juga tak ada bedanya,”tambah mantan Ketua PWI Sawahlunto itu prihatin.

Menurut wartawan senior Harian Singgalang Veteran 17 Padang itu, ruas jalan amblas & longsor tersebut sudah lama terjadi namun sampai saat ini tidak ada tanda – tanda perbaikan.

“Bahkan longsor jalan tersebut juga mengancam pipa utama PDAM dari IPA Kandi. Kalau sampai pipa ini putus maka ribuan masyarakat akan menderita tidak ada air,”keluh Camat Barangin itu berhadap ada perhatian khusus dari pihak terkait untuk segera diperbaiki.

Pj Walikota Sawahlunto, Dr. Zefnihan, Ap, M.Si,

Terkait jalan rusak disejumlah titik di daerah itu, Pj Walikota Sawahlunto, Dr.Zefnihan, Ap,M.Si, pun tak menampiknya. Bahkan, kata dia, ia bersama Dinas PUPR setempat telah meninjau kelokasi. Ia pun memerintahkan Dinas PUPR untuk segera memperbaiki sebelum lebaran Idul Fitri 1445 H tiba.

“Saya sudah tinjau langsung kelapangan dan bahkan sudah menginstruksikan kepada Dinas PUPR supaya segera memperbaiki ruas jalan terutama menuju destinasi wisata dan diharapkan agar perbaikan tersebut rampung sebelum momen libur lebaran Idul Fitri 1445 H, sehingga masyarakat dan wisatawan dapat menikmati akses jalan yang aman dan nyaman,”ucap Zefnihan menjawab Jurnalsumbar.Com, Kamis (21/3/2024).*

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.