Mantap, Direktur PDAM Sijunjung Doni Novriedi,SH Raih Top CEO BUMD Award 2024

Jurnal Sumbar

Direktur PDAM Sijunjung Doni Novriedi,SH Raih Top CEO BUMD Award 2024

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Sijunjung, Sumatera Barat, Doni Novriedi,SH., sukses meraih penghargaan Top CEO BUMD Award 2024.

Pemberian Penghargaan tersebut diselenggarakan Top Bussines bekerjasama Institut Otonomi Daerah (I-Otda).

Pada bulan berkah di ramadhan 1445H itu, ada tiga kategori yang diraih Sijunjung, yakni, Top BUMD 2024 Perumda Air Minum Bintang 4, kategori Top CEO BUMD 2024 dan kategori Top Pembina BUMD 2024 yang diterima Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuawir, S.STP, M.Si.

Penyerahan anugrah tersebut dilaksanakan di di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, pada Rabu (20/3/2024).

PDAM Tirta Sanjung Buana merupakan salah satu BUMD yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat yang dikomandoi Doni Novriedi,SH.

Prestasi itu diberikan kepada Bupati Sijunjung yang berhasil sebagai kepala daerah dalam membina Perumda Air Minum Tirta Sanjung Buana dan Doni Novriedi menjadi Top CEO BUMD 2024 yang terbaik di Indonesia atas prestasi, perbaikan, dan kontribusi BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

“Ya, alhamdullilah atas kerjakeras yang dilakukan Direktur PDAM dan jajarannya, hari ini kita menerima penghargaan Top BUMD Award 2024,” ungkap Bupati Benny dan Direktur PDAM sesaat sesudah menerima penghargaan pada waktu itu.

“Semoga dengan adanya capaian ini, mudah-mudahan kedepannya dapat semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Ranah Lansek Manih khususnya layanan air bersih,” ucapnya.

Direktur PDAM Tirta Sanjung Buana, Doni Novriedi,SH, mengucapkan rasasyukur karena memperoleh TOP BUMD Awards Klasifikasi Level Bintang 4 dan TOP CEO BUMD 2024.

“Alhamdulilah untuk kedua kalinya Perumda Air Minum Tirta Sanjung Buana mendapatkan TOP BUMD Awards Bintang 4 Tahun 2024, sebelumnya Tahun 2023 juga mendapatkan penghargaan yang sama,” jelas Doni.

Doni ketika meraih penghargaan di 2023

Ia meyebut kegiatan itu bukan sekedar aspek penilaian penghargaan biasa, namun aspek pembelajaran terkait BUMD.

“Semoga dengan mendapatkann penghargaan ini Perumda Air Minum Tirta Sanjung Buana bertambah maju, selalu mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dalam hal layanan air bersih sesuai dengan temanya Mengalir menuju pelayanan Prima,” paparnya.

Tak hanya itu, ditingkat Kabupaten Sijunjung, PDAM Sanjung Tirta Buana juga pernah dinobatkan sebagai BUMD Terbaik dalam Inovasi Pelayanan Publik tahun 2023.

PERANTAU SIJUNJUNG

Ditahun yang sama, PDAM Sanjung Tirta Buana juga pernah meraih Award Top BUMD 2023—diberikan kepada BUMD (badan usaha milik daerah) unggulan dari seluruh Indonesia, termasuk PDAM—yang dibidani—Doni Novriadi, SH.

“Anugerah Award Top BUMD 2023 tersebut, merupakan keberhasilan kita semua. Baik karyawan, Pemkab dan juga masyarakat,”ucap abang, begitu sapaan akrab Direktur PDAM Sijunjung tersebut kala itu.

Tak heran, jika kemudian Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat, patut berbangga atas adanya pengelolaan Perumda SanjungTirta Buana secara baik.


Betapa tidak, sejak PDAM itu berdiri selalu mengalami kemerosotan dan mangkrak dan ibarat matisuri.

Namun sejak Doni Novriadi,SH, dilantik pada era Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pada 30 Desember 2016 lalu, sejuta harapanpun tertumpang pada pengusaha muda itu.

Dengan kepercayaan yang diberikan kepada Doni, ia pun mulai membenahi perusahaan milik Pemkab Sijunjung yang ketika itu posisinya tidak sehat alias minus.

Doni bersama karyawan PDAM dan Bupati Sijunjung

“Saat saya terima, pendapatan PDAM minus, dan operasional tidak tertutupi hingga Rp100 juta/perbulannya kala itu,”kata mantan Ketua DPC Gapensi Sijunjung itu berkisah.

Sehingga membuat PDAM Mangkrak dan tak bergerak,” ucap Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH, berkisah pada Pemimpin Redaksi (Pemred) Jurnalsumbar.Com Saptarius.

Diakui abang, begitu panggilan akrab Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana itu, setelah diamatinya, ternyata pergantian pipa pipa bocor tidak terlaksana dikarenakan minimnya keuangan ketika itu.

“Tunggakan air pelanggan besar dan tak ada upaya menyelesaikannya. Setelah saya pelajari, apa betul yang terjadi dalam tubuh PDAM. Nah, setelah memahami yang terjadi barulah saya ambil keputusan,” terang abang berkisah.

Lalu Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH, pun melakukan perbaikan pelayanan pada konsumen baik kuantitas dan kualitas seperti yang biasanya masyarakat dapat air sekali dalam dua hari.

“Alhamdallah, sejak itu air sudah mengalir 24 jam secara terus menerus hingga sekarang,” terang Doni tersenyum bangga.

Sambungan pipa air PDAM ke rumah masyarakat Sijunjung dialiri air dengan lancar dan menjadikan PDAM kembali terima penghargaan

Tak hanya itu, pihak PDAM pun kemudian mendata tunggakan rekening air yang mencapai hampir Rp3 miliar kala itu.

“Setelah layananan ditingkatkan, secara berangsur-angsur, alhamdallah pelanggan pun membayar tunggakan mereka sehingga PDAM pun membaik,” terang Doni lagi berkisah mengakui juga selalu di suport Bupati-Wabup Benny-Radi untuk membangkitkan PDAM.

Kini, perusahaan milih daerah yang dikomandoi Doni itu tak hanya sehat tapi juga meraih prestasi gemilang. Selamat Buat abang beserta jajaran dan Pemkab Sijunjung. *

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.