Sambut Perantau Pulang Kampung, Pemkab dan Masyarakat Sijunjung Gelar Festival Lansek Manih

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Hari ini (Kamis, 18/4/2024-red), Pemkab dan Masyarakat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, kembali menggelar Festival Lansek Manih (FLM) kesenian rakyat di RTH Muaro.

KLB

Festival Lansek Manih itu ditabuh dalam rangka menyambut kedatangan para perantau asal Sijunjung pulang kampung.

“Pelaksanaannya mulai Kamis hingga Sabtu (18 – 20/ 2024-red) mendatang),”kata Kadis Kominfo dan Kadis Parpora Sijunjung, David Rinaldo, S.STP dan Afrineldi,S.H., Kamis (18/4/20÷4).

Kadis Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S.STP

Festival Lansek Manih itu sendiri akan ditabuh oleh Bupati Benny pertanda dimulai kegiatan kalender tahunan Pemkab Sijunjung itu.

“Biasanya FLM ini dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung pada bulan Februari setiap tahunnya. Berhubung dengan agenda nasional, Pemilu Serentak yang berdekatan waktunya dengan peringatan HJK Sijunjung, maka FLM tahun 2024 dilaksanakan di Bulan April,”tambah Afrineldi diamini David Rinaldo.

Afrineldu, SH, Kadis Parpora Sijunjung

Kegiatan FLM itu, kata David, juga sebagai ajang promosi wisata, kreativitas, seni, budaya serta produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tahun ini FLM telah memasuki tahun keenam.

FLM VI akan menampilkan beberapa kreativitas generasi milenial, diantaranya pemutaran film “Sumarak Lansek Manih,” hasil garapan sutradara muda berbakat Afrinal, S.Sn serta penampilan olah vokal Venissa Octa Hendri yang juga pemenang FLM IV tahun 2022.

Rangkaian kegiatan FLM di Sijunjung

“Film Sumarak Lansek Manih mengisahkan tentang anak yang berjuang meraih impian ditengah cobaan, keterbatasan ekonomi dan kehilangan orang tua, dengan setting Geopark Silokek” ujar David Rinaldo, selaku eksekutif produser film itu.

Anda penasaran, yuuk datang ke RTH Muaro untuk menyaksikannya.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.