Melalui Dinas Kominfo, Pemkab Sijunjung Akan Hadirkan Aplikasi “Desa Cantik”

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Melalui Dinas Kominfo yang Dipimpin David Rinaldo, S.STP., Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, Sumatera Barat, berencana akan membangun aplikasi bernama Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).

“Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) merupakan salah satu program yang mendorong kolaborasi data sehingga dihasilkan data statistik yang berkualitas dan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran,”ucap Kadis Kominfo Sijunjung, Senin (2/9/2024) yang saat ini sedang berada di Sumedang, Jabar.

Dalam hal tersebut, kata David, BPS bertanggung jawab untuk melakukan pelatihan terhadap penyelenggaraan statistik.

OTW 2

“Pembinaan Desa Cantik merupakan salah satu stimulus agar statistik di desa/kelurahan menjadi semakin baik. InsyaAllah itu nanti akan kita terapkan di 61 nagari dan satu desa yang ada di Kabupaten Sijunjung,”tambah mantan Camat Kamangbaru dan mantan Kakansospol Kabupaten Sijunjung itu.

Disebutkan David, tujuan umum Desa Cantik antara lain meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Mulai dari standardisasi pengelolaan data statistik, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik serta pembentukan agen-agen statistik pada tingkat desa/kelurahan.

Selain itu, kata David, nantinya Desa Cantik juga memiliki tujuan khusus yaitu memberikan literasi kepada perangkat desa/kelurahan dalam memahami Regsosek serta data dan indikator yang dicakup dalam Regsosek serta melakukan identifikasi pemanfaatan data Regsosek untuk kebutuhan desa dalam rangka pengentasan kemiskinan.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.