Warga Lubuktarok Sijunjung Menjerit Berharap Adanya Draenase

914

JURNAL SUMBAR | Sijunjung- Warga Jorong Kototuo khususnya dan masyarakat Nagari Lubuktarok umum, mendesak dan berharap pada Pemkab Sijunjung untuk segera membangun saluran draenase/parit. Dikabarkan sejak adanya jalan hotmix hingga kini di ruas jalan kabupaten di kawasan pemukiman penduduk itu tanpa draenase.

Tak heran ketika hari hujan warga pun menjerit akibat genangan air merendam ruas jalan kabupaten dan pemukiman penduduk.

“Satiok hari hujan jalan kabupaten dan rumah kami digenangi air. Ya..kalau hujan lebat air dari sawah bagaduruah dan malimpa ka jalan dan marandam rumah,”keluh Haida salah seorang warga Kototuo kepada Jurnal Sumbar, Rabu (24/5) siang.

Hal yang sama juga disampaikan S.Pado Putieh. ” Sudah saatnya Pemkab Sijunjung membangun saluran parit/draenase. Selain menyebabkan kerusakan jalan tanpa draenase, pemukiman warga menjadi kumuh dan becek bila hujan. Nah, untuk itu dibutuhkan adanya pembangunan draenase ditiap ruas jalan kabupaten. Sama halnya di jorong lainnya di Lubuktarok ini juga tak ada draenase,”tambah S.Pado Putieh, Rabu (24/5) siang pada Jurnal Sumbar.

Walinagari Lubuktarok, Zuriatman pun tak menapik banyak keluhan masyarakat yang menginginkan dibangunnya draenase. “Memang benar masyarakat berharap Pemkab untuk segera membangun parit/draenase. Hampir semua jorong di Lubuktarok ini tanpa draenase,”kata Walinagari Lubuktarok, Zuriatman pada Jurnal Sumbar, Rabu (24/5) siang.

Bak gayuang bersambut. Menanggapi keluhan warga itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sijunjung, Ir. Budi Syafriman pun tak menapiknya. “In sha Alloh segera kita benahi dan kita bangun. Direncanakan pada anggaran biaya tambahan (ABT) APBD.P Sinunjung 2017 ini kita masukkan dan menjadi program prioritas,”kata Budi Syafriman.

“Kami berharap masyarakat bersama. Semua ruas jalan kabupaten dalam pemukiman penduduk akan kita bangun. Tapi itu semua tentu bertahap dan untuk Kototuo Lubuktarok, in sha Alloh dalam ABT tahun ini jadi prioritas pembangunan,”kata Budi Syafriman.

Anggota DPRD Sijunjung asal Pemilihan Lubuktatok, Dasri Rajo Timbu juga berharap dan mendesak Pemkab Sijunjung untuk segera membangun saluran parit/draenase di ruas jalan kabupaten.

” Hendaknya Pemkab segera bangun draenase/parit agar tiap saat warga tak mengeluh lagi. Sejalan ada memang belum pernah dibangun draenase diharapkan di ABT Pemkab Sijunjung dapat dimasukan,” ujar politisi Partai Hanura itu berharap. [Saptarius]