Bupati Hendrajoni akan Lanjutkan Pembangunan Jalan Tembus Kambang – Muara Labuh

3971
Hendrajoni

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni berencana mengupayakan kelanjutan pembangunan jalan tembus Kambang, Pesisir Selatan ke Muaro Labuah, Solok Selatan. Hal ini ditujukan untuk mendukung perekonomian kedua daerah tersebut.

Pernyataan tersebut dikemukakan Hendrajoni beberapa waktu lalu kepada media ini melalui pesan WhatsApp. Saat ini jarak tempuh dari Pesisir Selatan ke Solok Selatan bisa menghabiskan waktu tujuh sampai delapan jam berkendaraan.

“Apabila pembangunan ini terealisasi, maka akan meningkatkan perekonomian kedua kabupaten ini, baik Pessel maupun Solsel. Karena jarak tempuh semakin dekat,” kata Hendrajoni.

Bupati Hendrajoni menjelaskan, beberapa alasan kenapa pembangunan jalan tembus Kambang-Muaro Labuah itu sangat strategis. Pertama, sambung dia, kedua daerah merupakan daerah yang sedang giat mempromosikan kepariwisataan.

“Pessel dengan objek wisata bahari, panorama dan pantai yang indah, dan jika wisatawan ingin menikmati objek wisata dengan suasana pegunungan tentu bisa ke kabupaten Solok Selatan,” tutur ketua DPD PAN Pessel.

Selain itu, lanjut dia, dengan adanya jalan tembus itu akan meningkatkan nilai perdagangan kedua daerah, karena masing-masing kabupaten punya komoditi perdagangan yang berbeda-beda. Pessel merupakan penghasil ikan laut, sedangkan Solsel penghasil komoditi pertanian.

“Apabila jalan tembus ini terealisasi maka perdagangan kedua daerah akan meningkat pula karena jarak tempuh hanya dua jam. Dan warga akan mudah membawa hasil dagangannya melalui jalur tersebut. Komoditi perdagangan juga masih segar-segar,” urai Hendrajoni.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan dan perdagangan kedua daerah tersebut maka otomatis akan meningkat pula kesejahteraan masyarakat masing-masing daerah.

“Dengan dibukanya jalan tembus Kambang-Muaro Labuah ini sudah pasti akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan kedua kabupaten,” tukas mantan perwira menengah kepolisian tersebut. Jefri