Kinerja 2017, Capaian Pembangunan Pessel Diapresiasi dengan 33 Penghargaan

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Pagi ini, Jumat (29/12-2017), setelah apel gabungan, Bupati Pesisir Selatam, H. Hendrajoni mengumpulkan seluruh kepala perangkat daerah untuk mengevaluasi kegiatan tahun 2017.

Setelah 12 bulan maka program dan kegiatan apa yang sudah dikerjakan, perlu dievaluasi apakah sudah sesuai dengan rencana, dan bengkalai apa yang belum selesai, dan proyeksi 2018.

Dalam paparannya, Hendrajoni menjelaskan, capaian dan target sasaran makro pembangunan diantaranya pertumbuhan ekonomi 5,5 persen, sebelumnya 5,3 persen. Sementara prosentase penduduk diatas garis kemiskinan 92,53 sebelumnya 92,08.

IPM 69,95 dari 68,34 tahun sebelumnya, angka rata-rata lama sekolah sebelumnya 8,12 menjadi 8,64 tahun dan angka harapan hidup 70,52 dari 70,11.

Sementara program strategis diantaranya, Pembangunan sarana KTM, Rp.17,4 miliar, Pembangunan jalan kabupaten, Rp.47,4 miliar sepanjang 29,1 km, sementara rehap jalan sepanjang 22,8 km senilai Rp. 26,3 miliar.

Pembangunan Akademi Komunitas Rp. 1,4 miliar, Pembangunan Pantai Sumedang, Rp. 4,3 miliar, Pembangunan infrastruktur sanitasi, Rp. 2,5 miliar, Infrastrukur air minum Rp. 5,1 miliar, Jaringan Irigasi, Rp.5,2 miliar, Pembangunan Jembatan Rp. 16,5 miliar.

Epi

Pembangunan RKB Rp. 17,3 miliar, Pembangunan dan rehab Puskesmas yang tersebar, Rp. 14,3 miliar, Pembangunan Pasar disejumlah kecamatan Rp, 16,4 miliar.

Sementara prestasi yang diraih 33 buah penghargaan diantaranya :

Piagam perencanaan terbaik dari Gubernur Sumbar, Penghargaan produksi jagung diatas 5 persen dari Gubernur Sumbar, Kepala Daerah Berintegritas dari Kemendikbud, Rekor MURI sajian nakan dari lokan, Juara I Peduli Wisata Sumbar dari Gubernur Sumbar, Mandeh Surga Tersembunyi dari Kemenpar.

Lalu, Penghargaan Adikarya Pangan dari Menteri PDT, WTN dari Kemenhub, Sertifikat GNS dari New Zealand, Rekor Dunia biola terbanyak dari MURI, Nagari dengan perkembangan pariwisata tercepat dari Kemendes PDT, WTP 4 tahun berturut-turut.

Penghargaan Akta Kelahiran dari Kemendagri, Penghargaan KB terbaik nasional dari Kemenkes, Penghargaan Upsus Siwab dari Gubernur Sumbar, Penghargaan penyusunan keuangan dari Kemenkeu, API2 dari Kemenpar, Penghargaan Kabupaten Sehat dari Kemenkes, Penghargaan Peduli HAM dari Kemenkum HAM.

“Seluruh penghargaan itu saya persembahkan untuk Rakyat Pesisir Selatan,” ujar Hendrajoni.

“Selamat tahun baru 2018 semoga Pessel ke depan makin baik dan maju,” tambah Politisi PAN itu. Rilis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.