H-12 Lebaran, Arus Mudik Mulai Padati Jalinsum Sijunjung

531

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Memasuki hari ke-17 bulan suci Ramadhan, atau H-12 jelang lebaran Idul Fitri, arus mudik lebaran mulai padati jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat.

Mulai padatnya arus mudik lebaran itu terpantau di Km 6 Jalinsum Sijunjung pada Sabtu (2/6/2018). Ratusan mobil pribadi dan angkutan truk barang mulai merajai Jalinsum.

Begitu juga dengan angkutan umum AKAP (angkutan kota antar propinsi) angkutan kota dalam propinsi (AKDP) juga mulai ramai. Namun yang paling ramai mobil angkutan barang dan pribadi.

Sedangkan AKAP yang datang dari arah Padang menuju Jakarta penumpangnya terlihat sepi tapi bus AKAP ini cukup ramai untuk menjemput pemudik yang akan berlebaran di kampung halaman mereka.

Sejumlah pesepeda motor pun terlihat mulai ramai memadati Jalinsum. Sejumlah mobil pribadi berplat B, F, A, BG, BD, BM, BH, BK, F, K, BB dan BA juga mulai ramai padati arus mudik.

Kapolres Sijunjung, AKBP Haji Imran Amir, SIK, MH, menyebutkan, lonjakan arus mudik lebaran diperkirakan akan terjadi pada H-7 Hingga H-1.

“Jelang itu kita akan segera mendirikan pos pengamanan Mudik Lebaran 2018. Pos mudik lebaran ini akan berada dibeberapa titik, seperti di Tanahbadantung, Simpang Tiga Tanjung Ampalu, Simpang Simancung dan Kiliranjao. Dalam pengaman arus mudik dan balik lebaran ini kita juga akan terjunkan tim pegamanan lebaran dari semua unsur (Polri, TNI, Satpol PP Damkar, BPBD, PU, Dishub, dan Dinkes),” terang kapolres. Saptarius