Ketua DPR RI Dukung Pertemuan Perantau Minang Dunia dan Festival Minangkabau

2430
Burmalis Ilyas serahkan undangan Pertemuan Perantau Minang Dunia dan Festival Minangkabau di Australia kepada Ketua DPR RI Bambang Susatyo. ist

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Direktur Eksekutif Jaringan Perantau Minang Dunia atau Minang Diaspora Network Global (MDN-G) dan Presidennya, Dr. Dino Patti Djalal mengundang Ketua DPR RI Bambang Susatyo untuk hadir pada pertemuan Perantau Minang Sedunia dan Festival Minangkabau (Minang Diaspora Network Global Summit and Minangkabau Festival di Deakin University Melbourne Australia pada tanggal 29 – 30 September 2018.

Audiensi Pengurus Jaringan Perantau Minang Dunia tersebut bersamaan dengan audiensi Indonesian Diaspora Network Global yang akan mengadakan Konferensi Pemuda Diaspora Indonesia (Conference of Indonesian Diaspora Youth) yang akan diadakan pada tanggal 13-15 Agustus 2018 di Jakarta. Burmalis Ilyas dan Dino Patti Djalal beserta rombongan diterima Bambang Susatyo di ruang kerjanya, Selasa (17/7-2018).

Di kesempatan tersebut, Direktur Eksekutif MDN-G, Burmalis Ilyas menjelaskan secara singkat keberadaan Minang Diaspora, yaitu lahir pada saat berlangsungnya Kongres Indonesian Diaspora 2017 yang dihadiri mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama. Burmalis Ilyas menyampaikan, salah satu PR besar Perantau Minang sedunia adalah bagaimana menghadirkan Resto Minang di seluruh kota-kota besar dunia.

“Ketua DPR RI sangat mendukung perjuangan tersebut. Dan, beliau bangga Rendang menjadi makanan terlezat nomor satu di dunia, dan beliau sangat menyukai Rendang,” sebut Burmalis kepada Jurnalsumbar.com di kantornya, Rabu malam (18/7-2018).

Dikatakan Burmalis, Ketua DPR RI sangat mendukung pertemuan Minang Sedunia dan Festival Minangkabau tersebut. “Karena, menurutnya orang Minang ada di mana-mana dan menjadi lokomotif ekonomi dimanapun berada,” jelasnya.

Ditambahkan Burmalis, sebagai Ketua DPR RI, Bambang Susatyo juga akan mendukung perjuangan politik kuliner Perantau Minang Dunia, agar kuliner Minang bisa hadir di setiap kota-kota besar dunia, dan bisa go internasional serta siap bersaing dengan kuliner etnis lainnya, seperti Thailand, Vietnam dan sebagainya.

“Kuliner Minang menurut Ketua DPR adalah yang paling siap bersaing dalam kompetisi global saat ini,” tegasnya.

Konferensi Diaspora Indonesia

Sebelumnya, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo juga mendukung penuh pelaksanaan Konferensi Diaspora Indonesia (Conference of Indonesian Diaspora Youth) 2018 pada 13-15 Agustus 2018 di Jakarta.

Mengambil tema Visi Indonesia 2045, acara ini bertujuan mempersiapkan arah generasi bangsa menjelang se-abad usia kemerdekaan Indonesia.

Menurut dia, sebagai bangsa yang besar, Indonesia tidak boleh hanya memikirkan hari ini dan esok saja.

Juga bukan juga sekadar memikirkan satu sampai dua tahun, melainkan harus membuat perencanaan untuk puluhan tahun dari sekarang.

“Jangan sampai kita menapaki masa depan tanpa arah dan tujuan,” ujar Bambang Soesatyo seperti diceritakan Burmalis Ilyas.

Hal tersebut diungkapkannya saat menerima Diaspora Network Global (IDN Global), Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia), Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), Purna Paskibra dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Dikatakan Burmalis, Politikus Partai Golkar ini senang karena jaringan diaspora bisa membangun kerjasama dengan berbagai komunitas dan organisasi seperti PPI Dunia, Asosiasi Dosen, dan lainnya dalam menyelenggarakan Konferensi Diaspora Indonesia.

Menurut Ketua Dewan Pengawas IDN Global sekaligus Ketua Panitia Konferensi Diaspora Indonesia, Dino Patti Djalal, Visi Indonesia 2045 yang dihasilkan dari konferensi tersebut akan menjadi kelanjutan historis dari Sumpah Pemuda 1928.

Terlebih akan banyak sekali generasi milenial dari berbagai provinsi dan kalangan yang akan ikut serta dalam acara tersebut.

Sumbangsih dan peran pikir mereka menjadi nilai yang sangat berharga.

“Hasil buah pikir mereka akan kita jadikan Dokumen Visi Indonesia 2045 yang akan dibuat online agar bisa ditandatangani secara digital oleh setiap insan muda dan rakyat Indonesia di berbagai wilayah,” sebut Dino.

Hadir dalam pertemuan tersebut Mark Gerald Eman (Presiden IDN Global 2017-2019), Kartini Sarsilaningsih (VPII Program IDN Global, Qatar).

Kemudian Monique Patricia (VP Communication IDN Global, Singapore), Prof Dr Armai Arief, (Dewan Pembina ADI), Dr Amirsyah Tambunan MA (Sekjen DPP ADI), Afifah Dinar (Koordinator Pendidikan dan Pelatihan PPI Malaysia).

Selain itu turut hadir Irhamni Rofiun (Wakil Koordinator 1 Kantor Komunikasi PPI Dunia), Falma Kemalasari (Ketua Mata Garuda, Organisasi Alumni LPDP), Mohammad Makhrus (Div. Pengelolaan Alumni LPDP), Mukhlis Gumilar (Persiapan Keberangkatan LPDP), Mohammad Kamiluddin (Persiapan Keberangkatan LPDP). Enye

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here