Bidang Posyantek, Sumbar Raih Peringkat Empat Nasional

624

JURNAL SUMBAR | Badung – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Drs. H. Syafrizal, MM mendampingi Syafrijon yang memperoleh Penghargaan Harapan I Bidang Pos Pelayan Teknologi Tepat Guna (POSYANTEK) Tingkat Nasional di Badung, Bali.

Terkait POSYANTEK Syafrizal yang akrab disapa Ucok itu menjelaskan, Posyantek merupakan pos pelayanan bagi anggota masyarakat di nagari dan desa yang mempunyai kreatifitas dalam menciptakan peralatan yang murah meriah, dan ramah lingkungan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

“Pemerintah memberi penghargaan kepada orang-orang yang kreatif menciptakan peralatan yang murah dan ramah lingkungan tersebut melalui perlombaan yang sangat ketat, dan kita cukup bangga karena mendapat nomor empat se Indonesia atau Juara Harapan I,” sebut Ucok.

Mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan ini juga berharap ke depan agar Sumbar harus lebih maju lagi dalam menciptakan Teknologi Tepat Guna. “Langkah ke depan tentu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan meningkatkan pula pembinaan POSYANTEK di setiap Kabupaten dan Kota,” ujarnya.

Ucok juga berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang mendukung prestasi ini, terutama sekali kepada Gubernur Sumatera Barat dan DPRD Provinsi Sumatera Barat yang telah mendukung anggaran melalui APBD Sumatera Barat. “Sehingga kita bisa bicara di tingkat Nasional,” tutupnya.

Syafrijon sebagai penerima Penghargaan Harapan I dari Posyantek PANDANG BUDI, Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar itu sangat bangga dengan hasil karyanya, diantaranya Power Grasser (perontok gabah), Kincir Air tanpa Listrik, pompa air geoproduktif dan pembersih gulma manual dan mesin. h

“Harapan kedepan, butuh modal untuk eksperimen barang yang akan diproduksi,” harapnya.

Penghargaan Penerapan TTG diserahkan oleh Direktur Jenderal Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Taufik Majid, S.Sos, MSi dalam rangka Pekan Teknologi Tepat Guna dan Pekan Inovasi Desa dan Keluran Tahun 2018 di Bali.

Acara ini berlangsung dari tanggal 18 sampai 21 Oktober 2018 dan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Jokowidodo, Jum’at 19 Oktober 2018 yang dihadiri oleh Gubernur dan Bupati dan Walikota seluruh Indonesia, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi se Indonesia, para Kepala Desa dan Lurah terbaik se Indonesia. Laporan Akral