Majukan Pariwisata, Festival Pesona Bahari Mandeh Kembali Digelar

439

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Festival Pesona Bahari Mandeh 2018 kembali digelar di TPI Carocok Tarusan mulai dari tanggal 25 sampai 27 Oktober. Lomba yang digelar Clief Jumping Competition dengan peserta umum/mahasiswa dan pelajar. Tiap peserta boleh mengikuti satu kategori, umum dan mahasiswa jarak loncatan 18 meter dan pelajar 6 meter.

Seterusnya juga ada lomba kuliner khas daerah, peserta umum satu tim terdiri 3 orang dengan bahan baku/dasar ikan dengan waktu 120 menit. Selanjutnya lomba foto Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh dengan peserta umum .

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Ahmad Yani mengatakan, Festival Pesona Bahari Mandeh meningkatkan pertumbuhan positif akan kemajuan wisata, bahkan sudah jadi kebanggaan Sumatera Barat.

Dikatakannya, ini merupakan ujung tombak dan ivent ini akan berdampak baik akan kemajuan wisata Mandeh, kedepannya akan banyaknya pengunjung ke sini, serta tumbuhnya investasi. “Berikan kenyamanan dan keamanan sebagai daerah pariwisata,” katanya.

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Wakil Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menyebutkan, pariwisata menghadirkan kemajuan bagi masyarakat, serta hadirnya masyarakat dapat meningkatkan gairah pariwisata.

Lomba harus ada kelanjutannya, jangan berhenti seperti contoh lomba kuliner, dan kuliner itu bisa menjadi khas bagi daerah kita sebagai oleh-oleh bagi wisatawan, kata Wabup Rosma Yul Anwar.

Dikatakannya, pariwisata menjadikan titik pertumbuhan ekonomi baru, dan sentra ekonomi yang lebih luas untuk masyarakat di daerah pariwisata tersebut.

Kadis Disporabudpar Mawardi Roska menyebutkan, ivent ini mempromosikan potensi daerah dalam bidang pariwisata, khususnya kawasan wisata bahari, apalagi Mandeh punya daya pikatnya.

Terkait respon masyarakat dengan ivent ini positif, karena adanya proses perubahan sikap terhadap rangkaian penyiapan dan antusiasme sangat tinggi, bahkan selain lomba diatas juga akan ada penampilan sanggar seni nagari, sanggar seni provinsi tetangga dan show grup band Tarusan untuk menambah kemeriahan ivent ini.

Mawardi berharap agar ivent dapat dilakukan dengan baik, dan berdampak akan progres kemajuan pariwisata bahari yaitu Mandeh. Pada ivent ini masyarakat juga akan dihibur dengan permainan KIM dan penampilan artis minang, jelas Mawardi Roska. (Rega Desfinal)