Dengan Rp150 Juta, FKS KUB Lalan Lubuktarok Bangun Ratusan Meter Jalan Nagari

546

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa! Forum Keserasian Sosial (FKS) Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nagari Lalan Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat yang dipimpin Rudi Hartono berhasil membangun ratusan meter jalan rijid beton di Nagari Lalan dengan sistem gotoroyong.

Padahal bantuan yang bersumber dari Kementerian Sosial RI untuk pembangunan jalan lingkar itu hanya sebesar Rp150 juta.

Bahkan bantuan dana Rp150 juta itu digunakan untuk pembangunan fisik jalan Rp100 juta dan Rp50 juta sisanya untuk pembangun tugu serta administrasi lainnya.

Apresiasi masyarakat untuk pembangunan jalan itu benar-benar tinggi dan itu dibuktikan oleh hasil gotoroyong pada pembangunan jalan rijid beton yang menghubungankan jalan Batuajung – Sikaladi.

“Alhamdallah pekerjaan jalan bantuan Kemensos RI itu sudah tuntas dan pengerjaannya dilakukan bersama masyarakat secara swadaya dan untuk kepentingan bersama,”kata Walinagari Lalan Martonis dan Ketua FKS KUB Nagari Lalan Rudi Hartono bangga pada awak media, Kamis (13/12/2018).

Sebelumnya, jelang pembangunan jalan tersebut, Kasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Burhanuddin mengatakan, bahwa bantuan tersebut bersifat rangsangan, dengan adanya rangsangan bisa menggugah hati masyarakat untuk membantu dalam bentuk sosial, bantuan makanan, tenaga, material dan lainnya dalam membangun jalan lingkar tersebut.

Alhasil, hanya dengan bantuan dana Rp150 juta dari Kemensos RI itu pembangunan jalan lingkar sepanjang 112 meter dan lebar 4 meter tebal 18 cm tersebut pun tuntas dilaksanakan.

Seperti diwartakan sebelumnya, bahwa pada tahun 2018, hanya 22 provinsi yang dapat bantuan. Di Sumatera Barat ada 4 kabupaten yang menerima. Salah satunya Kabupaten Sijunjung yang diperuntukan untuk Nagari Lalan dan Muarobodi.

Ketua FKS KUB Nagari Lalan, Rudi Hartono mengaku bangga atas tuntasnya pengerjaan jalan lingkar tersebut. Kepala Jorong Sikaladi, Budi Satria juga mengaku bangga dan berterimaksih atas bantuan pembangunan jalan lingkar Batuajung-Sikaladi itu. saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here