Bantu Masyarakat Binaan, Kodim Tanah Datar Sosialisasi Pembuatan Bios 44

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para personil Babinsa dalam membantu masyarakat binaan di wilayahnya, Rabu (30/1) Kodim 0307 Tanah Datar menggelar sosialisasi pembuatan Bios 44 di Jorong Gudam Nagari Pagaruyung, kecamatan Tanjungemas,Tanah Datar.

Sosialisasi pembuatan bios 44 itu, jelas Dandim Tanah Datar Letkol Inf Edi S Harahap didampingi Pasi Ter Kodim Kapten Inf Yuliasman kepada jurnalsumbar.com, Kamis(31/1) diikuti seluruh personil Kodim Tanah Datar.

Seterusnya, materi sosialisasi dan cara pembuatan Bios 44, jelas Dandim Edi S Harahap langsung diuraikan Pasi Ter Kodim 0307 Tanah Datar Kapten Inf Yuliasman disaksikan Kasdim 0307 Tanah Datar Mayor Inf Munawar, Pabung Kodim Mayor Inf Supadi AS juga Danramil se Kodim Tanah Datar.

Epi

Menurut Yuliasman, Bios 44 adalah bahan permentasi dapat mempercepat proses pembusukan materi organik lahan sekaligus meningkatkan PH tanah menjadi Normal. “Bios 44 bermanfaat untuk lahan pertanian, perkebunan dan lahan kolam ikan,” kata Yuliasman.

Bahan digunakan untuk pembuatan Bios 44, gula pasir atau gula Aren, fermentator, formulator dan mikro organisme. Bios 44 awalnya ditemukan Gapo Army Team of Research (Gator). Saat ini sudah diproduksi masal dan tidak untuk dikomersilkan serta sudah disosialisasikan di beberapa wilayah satuan TNI.

Bios 44 cukup populer itu, ucap Kapten Yuliasman, bermanfaat meningkatkan produktifitas lahan pertanian masyarakat. Dengan sosialisasi Bios 44 diharapkaan para babinsa bisa mengembangkan Bios 44 untuk meningkatkan kesejahteraan petani di diwilayah binaannya. (habede)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.