Jembatan Gantung di Kubu Tapan Putus Dihantam Banjir Bandang

1345

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Derasnya hujan di daerah hulu Sako Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Jum’ at (22/2/2019) pukul 16.00 WIB berakibat banjir bandang, dan jembatan gantung penghubung kampung Tanjung Gobah, Kenagarian Kampung Tengah di Nagari Kubu Tapan, terputus.

Hujan turun dari pukul 14.00 Wib hingga berita ini diturunkan, membuat air kiriman ke sungai Batang Tapan ini menghantam besi penyangah jembatan, hingga membuat kondisi jembatan miring dan nyaris ambruk.

Jembatan ini dibangun yang tahun 2003 melalui program PNPM ini, tidak bisa dilalui warga untuk mengangkut hasil perkebunan, seperti sawit, jagung dan padi.

Camat Ranah Ampek Hulu Tapan Mar Alamsyah ketika dihubungi membenarkan adanya banjir di sungai Batang Tapan, Kecamatan Rahul, Kabupaten Pessel. “Debit air kiriman dari hulu Sako Tapan, membuat air tinggi dan membuat besi penyangah jembatan gantung di dua kampung Tanjung Gobah Kenagarian Kampung Tengah di Nagari Kubu Tapan, terputus,” jelasnya.

“Jembatan ini adalah jalan akses alternatif warga di wilayahnya untuk menuju dua kampung,” terang Mar Alamsyah.

Alamsyah menuturkan, jembatan gantung ini merupakan akses alternatif warga yang berjarak kurang lebih 4 KM dibandingkan harus melewati jalan utama sejauh kurang lebih 7 KM. Dan, jembatan tersebut bisa dikatakan akses penting bagi warga di wilayahnya.

Dan, atas kejadian ini pihaknya telah melaporkan ke Pemerintah Daerah melalui Perangkat Daerah terkait.

“Dalam waktu dekat ini akan dibangun, karena PD terkait telah turun ke bawah,” tegas Mar Alamsyah.

Mar Alamsyah tetap menghimbau kepada warganya berada di sepanjang sungai batang Tapan, ada kurang lebih 20 rumah yang ada di sepanjang aliran sungai Batang Tapan tetap waspada, karena hujan sampai sore ini masih turun.

Sementara itu Bupati Pessel H. Hendrajoni telah mengintruksikan perangkat daerahnya, seperti BPBD dan PSDA Pessel untuk membangun jembatan melalui anggaran tanggap darurat. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here