Danrem 032/Wbr Cek Perkembangan Sejuta Pohon di Pantai Padang

866

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, SIP pada Senin (22/4/2019) laksanakan peninjauan dan pengecekan terhadap pohon yang ditanam dalam aksi penanaman sejuta pohon yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dalam peninjauan dan pengecekan tersebut Danrem didampingi Ketua Yayasan Peduli Anak Bangsa, Arifin Jayadiningrat dan rombongan, Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Edi Nurhabat, para Kasirem, Dandim 0312/Pdg Letkol Czi Rielman Yudha, Danramil 06/Koto Tangah Kapten Inf Setianis, serta Waaster Kasdam I/BB Letkol Arm Azhari, Ketua Kelompok Tani para Babinsa Kodim 0312/ Padang serta masyarakat sekitar juga turut hadir.

Pada kesempatan tersebut Danrem dengan antusias melihat dan mengecek langsung satu persatu pohon yang ditanam untuk mengetahui sampai sejauh mana perkembangannya.

Setelah melaksanakan pengecekan, Danrem dan rombongan merasa cukup puas karena ternyata perkembangannya cukup bagus dan hampir semua hidup. “Alhamdulillah perkembangan pertumbuhannya sangat baik dan ini kelihatan dari banyaknya tunas muda yang tumbuh di tiap tiap pohon,” ungkap Danrem.

Seperti diketahui bersama bahwa penanaman sejuta pohon ini juga dalam pelaksanaannya menggunakan BIOS 44 yang belakangan ini gencar disosialisasikan. Bahkan sudah terbukti manfaatnya baik kepada para petani, petambak ikan maupun udang. Selain bermanfaat bagi para petani juga bermanfaat dalam menormalkan air dan membentuk struktur tanah serta efektif untuk mengurangi kebakaran lahan gambut.

Penananaman sejuta pohon ini sendiri dilaksanakan sebagai langkah antisipatif Korem 032/Wbr, Pemda Sumbatera Barat, BPBD dan Instansi terkait lainnya dalam Mitigasi bencana tsunami. Dengan penanaman pohon pohon di sepanjang pantai di Wilayah Sumatera Barat dan Kota Padang pada khususnya diharapkan dapat meminimalisir dampak bencana alam tsunami apabila terjadi sewaktu waktu.

Danrem juga berpesan kepada masyarakat setempat serta pengunjung yang melakukan wisata pantai agar sama sama menjaga dan merawat pohon agar tumbuh dan berkembang dengan baik. “Nantinya kita sendiri dan keluarga yang akan menikmati hasil dan manfaat dari pohon pohon tersebut,” tambah Danrem mengakhiri. penrem/saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here