Ratusan Warga Sijunjung Ikuti Sosialisasi Kesiapan Pemilu Serentak 2019

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Jelang sepekan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019, Kantor Kesbangpol Linmas Sijunjung, Sumatera Barat, Kamis (11/4/2019) menggelar Sosialisasi Kesiapan Pemilu Serentak 2019 di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung diikuti ratusan peserta.

Kepala Kantor Kesbangpol Linmas Sijunjung, Bobby Roes Pandi, SSTP, dalam laporannya menyebutkan, bahwa Sosialisasi Kesiapan Pemilu Serentak 2019 itu diikuti peserta dari Ormas, LSM, BEM PTS, OSIS dan Trantib Kecamatan.

“Kegiatan ini berlangsung sehari penuh, dengan narasumber dari Bawaslu, KPU, Asisten 1, Kejaksaan, Polres dan Kodim,”jelas Bobby.

Sosial Sosialisasi Kesiapan Pemilu Serentak 2019 tersebut dibuka secara resmi Bupati Siunjung Yuswir Arifin dan dihadiri Wabup Arrival Boy dan unsur Forkopimda Sijunjung. Dalam sambutannya bupati berharap tingkat partisipasi masyarakat lebih tinggi dari sebelumnya. “Karena dengan Pemilu ini akan lahir pemimpin yang baik baik untuk presiden dan Legislatif,”sebut bupati.

“Marilah kita bersama-sama nantinya ke TPS untuk melakukan pemilihan. Jika ada surat suara yang rusak atau lainnya harus ada tindakan tegas. Ini bukan pekerjaan baru dan ada aturannya. Jangan sampai kita terpancing oleh isu-isu dan TPS pun sampai saat ini aman dan nantinya akan ada saksi baik presiden dan legislatif,”kata Bupati Yuswir Arifin.

Acara tersebut dipandu Asisten 1 Yenuarita dengan sistem panel dan tanyajawab. Diawali pemaparan Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyah tentang jumah caleg dan logistik.

PERANTAU SIJUNJUNG

“KPU berpijak pada aturan dan melanggar di proses, jangan sampai tidak percaya pada penyelenggara,”tegas Lindo.

Pemateri selanjutnya Bawaslu Sijunjung yang disampaikan Riki Minarsah. “Selagi ada OKP in sha Alloh Sijunjung akan menjadi lebih baik dan maju. Bawaslu tugas sesuai peraturan dan perundang-undangan. Pengawasan masa kampanye dan persiapan logistik dan distribusi logistik pada 14 April 2019,’jelasnya.

Pada Pemilu serentak, Bawaslu memiliki anggota Panwas setiap TPS. “Nanti akan kita sampaikan dimana-mana TPS rawan dan diharapkan juga ada partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu serentak,”kata Riki.

Ditambahkan Riki, bahwa Pemilu di Sumbar Pemilu terawan ke-empat di Sumbar. ‘Nah, untuk itu mari kita awasi bersama,”ucap Riki.

Kapolres Sijunjung diwakili Kabag OP Kompol R Sihombing, menyebutkan bahwa Polres Sijunjung siap mengamankan Pemilu serentak termasuk mengamankan logistik hingga ke TPS.

Pemateri lainnya dari Kodim 0310/SS disampaikan Pasi OP Kapt Czi Naspi dan dari pihak Kejari Sijunjung disampaikan Kasi Intel Dimas terkait bagi pelanggar Pemilu. Semua pemateri menyatakan siap mensukseskan Pemilu serentak 2019.

Kepala Seksi Bina Politik Kesbanglinmas Sijunjung, Yan Hadian, SH, menyebutkan, bahwa tujuan dari Sosialisasi Pemantapan Pemilu Serentak itu dilaksanakan, inti nya untuk meningkatkan pemahamaman aparatur pemerintah dalam pemilu 2019 dan meningkatkan Komunikasi Politik antar sesama aparatur pemerintah dan masyarakat. saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.