Hari Ini, Mutasi Jilid III di “Kabinet” Bupati Yuswir Arifin Itu Bergulir

1116

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Memasuki hari ketiga bulan suci Ramadhan, kalau tidak ada aral melintang, rencananya Rabu (8/5/2019) hari ini, mutasi jilid III di “kabinet” Bupati-Wabup Sijunjung, Sumatera Barat, Yuswir Arifin-Arrival Boy itu akhirnya bergulir.

Tak percaya? Tengok saja surat yang ditandatangani Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin bernomor; 005/230/BKPSDM-2019, tertanggal 7 Mei 2019. Dalam surat tersebut mengundang staf ahli, asisten, pimpinan OPD dan camat untuk menghadiri pengambilan sumpah janji jabatan dan pelantikan pejabat tinggi pimpinan pratama dan pejabat eselon III dan IV dilingkungan Pemkab Sijunjung.

Acara pengambilan sumpah janji jabatan dan pelantikan pejabat tinggi pimpinan pratama dan pejabat eselon III dan IV dilingkungan Pemkab Sijunjung di mutasi jilid III ala “kabinet” Yuswir Arifin itu dilaksanakan pada pukul 09.45 WIB di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

Pada mutasi jilid III kali ini dikabarkan ada tiga pejabat eselon III akan mengisi jabatan eselon II. Mereka yang akan duduk dikursi jabatan eselon II itu telah mengikuti seleksi jabatan pratama

Selain melanda pejabat eselon III, mutasi jilid tiga kali ini juga akan merotasi pejabat eselon IV. “Yang jelas, untuk mengisi jabatan eselon II, kita harus komit atas hasil nilai asesmen seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dan Timsel,”kata Bupati Yuswir Arifin dalam wawancara khususnya dengan awak media, sepekan jelang pelantikan di rumah dinas Bupati Sijunjung di Bukit Berbunga, Muaro.

Dengan santai bupati Yuswir berbincang lepas berbagai hal termasuk soal mutasi. “Dari tiga nama yang direkomendasi Timsel dan hasil nilai asesmen seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) maka akan kita pilih nilai yang tertinggi. Tapi, jika nilai tertinggi ada catatan khusus tentu kita juga mempertimbangkan. Namun kalau tidak ada catatan maka tentu akan kita pilih,” terang bupati peraih Leadershif Award itu.

Tak ada istilah dekat atau tidaknya dengan bupati, tapi bagi mereka yang dinilai layak dan pantas maka dimungkin kan bisa saja menduduki jabatan eselon II. “Tapi, bagi yang belum, bisa jadi ada yang tetap dijabatan sekarang atau rotasi ke tempat lain,”jelas Yuswir.

Setidaknya kata Yuswir, akan ada tiga calon masuk nominator untuk jabatan di eselon II itu. Seperti di Inspektorat Daerah, Dinas Parpora dan Dinas PMN. “Siapa namanya tunggu saja nanti. Kalau soal jabatan eselon III dan IV itu tergantung penilaian Baperjakat,”tambah bupati Yuswir tersenyum penuh arti.

Seperti diberitakan sebelumnya, mutasi jilid III ala Pemkab Sijunjung itu akan melanda pejabat eselon II dan meretas pejabat eselon III dan IV di “Kabinet” Bupati-Wabup Yuswir Arifin-Arrival Boy itu.

Informasi yang berhasil dihimpun awak media setidaknya ada tiga jabatan eselon II akan diisi wajah baru.Nah, lengkapnya tunggu saja keputusan bupati.

Meski begitu, dikabarkan, jabatan Kepala Dinas Parpora akan dijabat Afrinaldi,SH yang saat ini menjabat sebagai Kabag Umum dilingkup Setdakab Sjunjung.

Afrinaldi dinilai pantas dan tepat memegang jabatan tersebut. Apalagi dari hasil nilai asesmen seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) ia dikabarkan mendapat nilai tertinggi dengan pemaparan makalah bahasa Inggris tapi Afrinaldi juga dibayangi kandidat lainnya.

Sedangkan penggantinya dikabarkan akan dijabat Jasril,SH yang saat ini sedang menjabat Kabag Humas. Jasril dinilai tepat dan pantas untuk menduduki posisi Kabag Umum tersebut. Pengganti Jasril dimungkinkan akan dipercayakan pada Azneldi yang saat ini menjabat sebagai Kasubag Humas. Azneldi tergolong pejabat eselon IV yang sudah karatan di Bagian Humas, artinya, putra Pematangpanjang Sijunjung itu dinilai pantas dan tepat sebagai Kabag Humas. Nama Syaiful Husen juga disebut-sebut kandidat kuat sebagai calon Kabag Humas. Benarkah?

Jabatan Kepala DPMN Sijunjung dikabarkan akan dijabat Khamsyardi yang saat ini menjabat sebagai sekretaris dan Khamsyiardi juga dibayangi kandidat lainnya. Jika Khansyardi terpilih posisi jabatannya akan diemban David Ronaldo yang saat ini menjabat Camat Kamangbaru dan jabatan David akan dipercayakan pada Hamdan Camat Lubuktarok.

Tak hanya itu, nama Wandri Fahrizal, SH yang kini menjabat sebagai Kabag Hukum dikabarkan akan menduduki posisi kepala Inspektorat Daerah. Tapi ada beberapa nama lain membayangi Wandri. Siapakah? Tunggu saja keputusan bupati. saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here