Hendrajoni: Kementerian PUPR dan Pariwisata Dukung Pembangunan Pesisir Selatan

843

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyampaikan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Kementerian Pariwisata sangat merespon berbagai proposal pembangunan di Pesisir Selatan.

“Alhamdulillah kedua kementerian tersebut berjanji akan mengabulkan proposal pembangunan yang diajukan,” kata Hendrajoni saat memberikan arahan pada apel wirid, di Mesjid Akbar Baiturrahman, Jumat (12/07/2019)

Kepastian kedua kementerian akan membantu anggaran pembangunan berbagai sarana tersebut melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) setelah pertemuannya dengan bupati baru baru ini di Jakarta.

Dikatakan bupati, Kementerian PUPR bejanjikan akan menyediakan anggaran untuk membangun bendungan di Bayang Sani Kecamatan Bayang dan juga membangun asrama salah satu pesantren di Kecamatan Silaut.

Untuk pembangunan bendungan di Bayang Sani tim Kementerian PUPR sudah survei ke lapangan. Disisi lain pihak Pemkab Pessel sedang memproses pembebasan lahan.

Bendungan Bayang Sani, kata bupati, sangat besar manfaatnya, seperti irigasi, kolam renang, serta sebagai view air terjun untuk selfi bagi pengunjung.

Sementara untuk pengembangan pariwisata di Kawasan Mandeh, Kementerian Pariwisata, telah menyusun masterplan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Bukit Ameh Mandeh dan memberikan advokasi pemenuhan persyaratan usulan KEK kepada dewan nasIonal KEK.

Selain itu, kata bupati, di Kawasan Carocok Painan, juga akan dibangun Waterboom laut dan wisata bernuansa Portugis di Pulau Cingkuak.

Dengan dibangunnya berbagai sarana tersebut diharapkan pengunjung yang akan datang ke Pessel, makin banyak karena berbagai atraksi dapat dinikmati di kawasan pariwisata.

Disegi ekonomi, juga akan tumbuh perekonomian masyarakat dan Pendapapatan Asli Daerah (PAD) akan bertambah.

Bupati mengajak semua pihak menyelenggarakan semua pembangunan dengan semangat yang tinggi.

Kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terkait agar serius dan bersungguh-sungguh menyiapkan segala hal karena kita ingin Pessel lebih maju. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here