Serentak di 40 Nagari, 280 Panitia Pilwana Dilantik Bupati Sijunjung

0 1

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Yuswir Arifin melantik dan mengambil sumpah 280 panitia Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) se-Kabupaten Sijunjung. Prosesi pelantikan tersebut dilaksanakan di GOR Sibinuang Sakti Muaro Sijunjung, pada Senin 1 Juli 2019.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilihan Wali Nagari merupakan proses suksesi/pergantian kekuasaan karena peraturan perundang undangan, dimana jabatan walinagari diatur masa jabatannya dan ketika berakhir harus dilaksanakan pergantian yang pemilihannya di Kabupaten Sijunjung dilaksanakan melalui pemilihan walinagari serentak terhadap 40 wali nagari pada tahun 2019 ini.

Pemilihan walinagari ini harus dapat terlaksana dengan sukses, yang artinya pelaksanaannya berjalan sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan, dalam hal ini tentunya panitia pemilihan walinagari memiliki tugas yang sangat penting dalam kesuksesan pelaksanaan pemilihan walinagari. Baik sukses secara partisipasi, sukses secara regulasi dan tentunya sukses dalam melaksanakan pemilihan walinagari yang definitif.

Kesuksesan tersebut hanya akan kita wujudkan apabila kita semua para penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan dan masyarakat yang memilih bertekad yang sama mewujudkan pilwana yang berkualitas dan berintegritas.

Mari saling besinergi untuk sama sama saling bahu membahu dalam peran masing masing, yang mana peran kita sangat dinantikan demi terwujudnya pilwana di Kabupaten Sinunjung yang berintegritas.

Kepada panitia pemilihan walinagari yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, kami atas nama pemerintah Kabupaten Sijunjung mengucapkan selamat, semoga jabatan ini menjadi amanah dan dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik baiknya.

Kepala DPMN, Khamsiardi, SSTP .M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa pelantikan panitia pemilihan walinagari ini dimaksudkan untuk merencanakan, mengkoordinasikan, menyelenggarakan, mengawasi dan mengendalikan semua tahapan dalam pelaksanaan pemilihan walinagari di Kabupaten Sijunjung ini.

Tujuannya untuk mewujudkan proses pemilihan walinagari yang demokratis, efektif, efisien, akun tabel dan aspiratif serta memberikan tanggung jawab penuh kepada panitia untuk mensukseskan pemilihan walinagari serentak tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada 40 nagari di Kabupaten Sijunjung.

Pelantikan ini diikuti sebanyak 280 orang dengan rincian 7 orang panitia dari masing masing nagari dari 40 nagari yang melaksanakan pemilihan walinagari yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris dan anggota.tambah Khamsiardi. andri
editor; saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.