Batik Mande Rubiah Makin Terkenal, Lisda Hendrajoni: Pessel Bakal Jadi Sentra Batik Sumatera Barat

353

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Ketua Tim Pengerak PKK Pessel, Lisda Hendrajoni mengungkapkan, Batik yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan sudah dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat di Sumatera, dan luar Sumatera seperti Jakarta hingga luar negeri.

Karena, Batik merupakan salah satu produk andalan  masyarakat Pessel. Pesisir Selatan  cukup dapat  dibanggakan karena hasil produksi cukup memiliki prospek cerah dalam mengangkat perekonomian masyarakat.

Salah satu usaha Batik yang cukup mengeliat sekarang ini adalah Batik Mande Rubiah asal Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan yang saat ini sedang Presscon di jakarta.

Dimana, Batik Mande Rubiah sudah mulai dikenal oleh masyarakat, dan bahkan sudah banyak diminati, makanya Lisda Hendrajoni mengaku akan berupaya mengembangkan Batik ini, karena Batik asli Kabupaten Pesisir Selatan.

”Dengan semakin dikenal dan diminati Batik asli Pesisir Selatan oleh masyarakat, maka impian kita menjadikan Pesisir Selatan sebagai Sentra Batik Sumatera Barat akan semakin terwujud,” ujarnya.

Menurutnya Batik Mande Rubiah sangat memiliki motif yang unik, dan tentunya sesuai dengan asli Kabupaten Pesisir Selatan. Dimana Batik Mande Rubiah ini, motifnya diambil dari ileminasi kitab kuno yang ada di museum Mande Rubiah Kecamatan Lunang.

“Untuk lebih meningkatkan pengembangan batik asli Pesisir Selatan,  maka kegiatan pelatihan menjahit dan juga membatik terus dilakukan, agar hasil produksi akan lebih banyak dan siap untuk dipasarkan,” ujarnya

Sementara itu salah pelopor Batik Mande Rubiah, Dewi Hapsari K, AMd, Minggu (18/8/2019) mengaku usaha batik telah menjadi usaha yang menjanjikan karena pakaian batik telah menjadi pakaian resmi baik di kantor kantor perbankan,pemerintah hingga perusahaan swasta dan omsetnya juga cukup menjanjikan. Setiap bulannya  mampu menghasilkan ratusan potong pakaian yang bahan dasarnya adalah dari batik.

“Dengan akan dilaucingnya Batik Mande Rubiah ini nantinya akan mampu meningkatkan produksi dan meningkatkan permintaan pasar dan semakin dikenalnya Batik Pesel khususnya Batik Mande Rubiah,” jelasnya. (Rega Desfinal)