Sumber Air Melimpah, Rantih Berpotensi Menjadi Desa Terkaya di Sawahlunto

454

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Rantih adalah salah satu Desa wisata yang berada di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat yang mempunyai sumber air bersih melimpah, meskipun warga sekitar sudah memanfaatkan air bersih tersebut dengan menjualnya melalui Depot-depot yang ada, Desa Rantih berpotensi menjadi Desa terkaya di Sawahlunto akan kekayaan alam yang dimilikinya.

Selain itu Desa Rantih juga mempunyai keindahan alam yang menakjubkan seperti Air terjun Sungai Bikan, kekayaan hutan dan Persawahan yang masih alami dengan keramahtamahan masyarakat lokalnya. Seni budaya juga masih kental di Desa ini seperti Silek Tuo dan Randai yang masih diterapkan ditengah-tengah masyarakatnya.

Kepala Desa Rantih Yulizar mengatakan di kediamannya, Sabtu (17/8/2019) bahwa memang ada warganya merencanakan memproduksi Air kemasan lokal sejak beberapa tahun lalu, namun prosesnya masih perlu izin Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI).

“Ya memang sudah direncanakan sejak lama, namun warga kami masih menunggu izin BPOM RI”, ungkapnya.

Komisaris Perusahaan CV Rehan Fatiha Nurtasni yang mengelola Depot mengatakan bahwa memang telah menyurati Baristand Standar Nasional Indonesia (SNI) di padang untuk pengurusan izin Manajemen Mutu, namun pihak SNI mengembalikan surat tersebut karena ada yang salah, sehingga harus di ulang kembali.

“Kami berharap pemerintah dapat membantu memfasilitasi proses izin, sehingga kami dapat memasarkan produk air kemasan lokal dan dapat bekerjasama dengan Pemko Sawahlunto untuk pemasarannya,” ujarnya saat di jumpai di rumahnya Senin, (19/8/2019).

Menanggapi hal tersebut Walikota Sawahlunto Deri Asta saat dihubungi lewat telepon seluler bersedia membantu memfasilitasi proses pengeluaran izin, agar air kemasan lokal dapat dipasarkan.

“Ya nanti kita akan koordinasikan dengan instansi terkait dalam proses pengurusan izin produk air kemasan lokal ini”, tandasnya. anton
editor; saptarius