Jelang Wisuda Ke-116 UNP, Rokhimin Dahuri Bahas Tantangan Dunia Kerja Alumni UNP

527

JURNAL SUMBAR | Padang — Guru besar Fakultas Perikanan dan Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Prof Dr ir Rokhimin Dahuri, MS membahas peluang dan tantangan Alumni Universitas Negeri Padang (UNP) dalam menghadapi dunia kerja pada era revolusi industri 4.0.

Kehadiran Rokhimin Dahuri, yang sumando urang Minang itu sangat bermakna bagi para wisudawan dan wisudawati UNP untuk berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman dalam kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Peluang dan Tantangan Alumni Memasuki Dunia Kerja” di hadapan calon wisudawan/wisudawati UNP, Jumat (13/9) siang di Auditorium UNP.

Rektor UNP yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Yuniawardi, M. Si. mengatakan kegiatan kuliah umum bagi calon wisudawan/wisudawati UNP periode ke-116 di Auditorium, Air Tawar Padang adalah motivasi kepada calon alumni UNP agar problematika kerja bagi para sarjana lulusan UNP dapat dipahami.

Menurut Rokhimin, dalam menghadapi peluang dan tantangan dunia kerja, para lulusan harus mencermati perkembangan pembangunan Indonesia, kecenderungan global abad 21, perkembangan IPTEK, dan proyeksi kebutuhan lapangan kerja pada masa kini dan pada masa depan.

Lebih lanjut Prof. Dr. Ir. Rokhimin Dahuri, M.S., menyatakan para lulusan UNP harus mencermati dan menguasai ilmu pengetahuan, keterampilan, keahlian, etos kerja, dan akhlak mulia yang diperlukan pada masa kini dan masa depan.

Ditambahkanny, Indonesia memiliki potensi pembangunan yang dapat juga dilihat pada pola aliran perdagangan barang dunia. Oleh karena itu menurut Rokhimin Dahuri, orang Indonesian harus segera beralih dari konsumen menjadi produsen.

Mengawali kuliah umum ini, civitas akademika UNP yang dipandu Al-Ikhlas LC memanjat doa kepada Almarhum BJ Habibi, Presiden Ke-3 RI. Turut hadir dalam kuliah umum pimpinan universitas UNP mulai dari Wakil Rektor, WR2, WR3 hingga WR 4, para dekan, ketua lembaga dan direktur Pascasarjana UNP. (Humas UNP/Agusmardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here