Rumah Dimamah Sijago Merah, Jumaini Warga Padang Panjang Pariangan Rugi Rp200 Jutaan

121

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Satu unit  rumah semi permanen milik Jumaini (50 tahun) di jorong Padang Panjang nagari Pariangan sekitar pukul 22.30 WIB, Rabu (12/9) ludes dimamah sijago merah.

Kerugian ditaksir sebesar  Rp 200 juta dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. “Jumaini dan empat anaknya selamat, karena malam itu mereka sedang berkunjung  ke rumah keluarganya,” jelas Walinagari Pariangan April Khatik Saidi kepada jurnalsumbar.com sekitar pukul 11.30 WIB siang ini.

Api berhasil dipadamkan pukul  23.45 WIB setelah empat unit mobil pemadam kebakaran Tanah Datar dan Kota Padang Panjang datang. “Kita mengucapkan terima kasih kepada tim Damkar Pemda  Tanah Datar dan Padangpanjang,” sebut Wali April Khatik.

Seterusnya, Wali April Khatik menyampaikan, Jumaini merupakan keluarga miskin, siang tadi menerima bantuan Sembako,selimut, dan tikar plastik dari Dinas Sosial Tanah Datar diserahkan Zainal mewikili kadis Sosial Yuhardi.

Pemerintah nagari Pariangan, kata wali April Khatik juga akan memberikan bantuan berupa alat bangunan dan akan diserahkan dalam waktu dekat sehingga Jumaini bisa mulai membangun rumahnya yang dilalap Sijago merah.

Untuk meringankan beban Jumaini, wali April Khatik mengharapkan bantuan dari  para donator, dhermawan, lembaga sosial dan masyrakat untuk memberikan bantun. habede.