Sebanyak 20-an Mahasiswa UNP Dibekali “Smart Entrpreneur Model”

73

JURNAL SUMBAR | Padang — Pelatihan Kewirausahaan “Smart Entrepreneur Model” bagi Peserta Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Universitas Negeri Padang Tahun 2019 berakhir 15 Agustus lalu. Selama pelatihan berlangsung 30 Juli hingga 15 Agustus itu, 20-an mahasiswa PMW UNP mempelajarai dan mempraktekan Smart Entrepreneur Model (SEM) yang sudah dilengkapi dengan Kurikulum, Modul dan petunjuk Teknis Pelaksanaan Pelatihan.

Pelatihan ini menciptakan metode pelatihan yang sesuai untuk mahasiswa PMW/PKMK dan yang sedang merintis usaha.

Asmar Yulastri, PhD, Kamis (12/9) Ketua Peneliti Penerapan SEM mengatakan upaya pemerintah meningkatkan jumlah wirausaha di kalangan mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi belum maksimal, meski mata kuliah kewirausahaan sudah menjadi mata kuliah wajib di PTN/PTS. Pelatihan SEM ini dilaksanakan dengan tujuan membentuk jaringan antara kewirausahaan UNP dengan masyarakat industri.

Selama pelatihan berlangsung diisi dengan penyampaian materi dari berbagai nara sumber yakni Dr Marwan, MSi
, Thamrin SPd MM.
Perengki Susanto, SE., MSi.PhD.
dan Dr Hendra Hidayat, M.Pd

“Mahasiswa peserta selain mendapat mindset dan proses wirausaha, mahasiswa peserta juga diturunkan ke lapangan untuk melaksanakan usaha,” terang Asmar Yulastri.

Ditambahkannya, pelatihan ini dilaksanakan mengacu pada Syntax SEM tertuang dalam Buku Petunjuk Teknis Penerapan SEM, buku Model SEM dan didukung dengan Modul SEM. Dilaksanakannya pelatihan ini terkait dengan Program kewirausahaan di UNP yang belum sesuai dengan harapan. (Agusmardi/Humas UNP)