Pembangunan Ekonomi Kreatif, Rektor Ganefri Kukuhkan Pukek UNP

JURNAL SUMBAR | Padang – Pusat Kajian Ekonomi Kreatif (PUKEK) resmi dilantik Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri, Ph.D dalam rangkaian acara Job Fair dan Talent Fest yang dilaksanakan di Auditorium UNP, Rabu (16/10/2019). Pelantikan tersebut diwakili Devy Kurnia Alamsyah, S.S., M.Hum (Ketua), Nur Rosita, S.Pd., M.A (Bendahara), dan Leni Marlina, S.S., M.A (Bidang Penelitian dan Pengembangan).

“Pembentukan Pukek sejalan dengan peran UNP sebagai satu dari lima unsur (pentahelix) pembangun ekonomi kreatif, yaitu Academics. Pukek diharapkan dapat menjadi lembaga yang membentuk jejaring dan iklim kolaboratif dengan semua pihak yakni pelaku ekonomi kreatif, dunia industri dan pemerintah,” harapnya.

Epi

Pukek seperti yang dijelaskan Devy Kurnia merupakan pusat kajian yang bergerak dalam pengembangan ekonomi kreatif, yaitu semuanya yang bergerak dalam pengembangan ide, gagasan dan pengembangan sumber daya manusia sebagai faktor penggerak ekonomi.

Ditambahkannya sumber daya ekonomi kreatif adalah pengembangan ekonomi kreatif dan produk kreatif yang mencakup (1) arsitektur, (2) musik, (3) desain interior, (4) fesyen, (5) desain komunikasi visual, (6) aplikasi dan pengembangan permainan, (7) desain produk, (8) penerbitan, (9) film, animasi, dan video, (10) periklanan, (11) fotogafi (12) televisi dan radio, (13) kriya, (14) seni pertunjukan (15) kuliner, dan (16) seni rupa.

“Salah satu unggulan dari program Pukek adalah pendampingan Kota Kreatif yakni pemetaan pelaku ekonomi kreatif sehingga menentukan Indeks Kota Kreatif. Pukek juga menyatakan siap untuk berkolaborasi dengan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif), ICCN (Indonesia Creative City Networks), dan Talent Indonesia yang memiliki konsern yang sama yaitu pengembangan ekonomi kreatif,” jelasnya (Agusmardi/Humas UNP)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.