Air Terjun “Tang Posan” Sejuta Pesona Itu Ditinjau Dinas Parpora Sijunjung

457

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Waw..! Kini Air Terjun “Tang Posan” Sejuta Pesona itu mendapat perhatian.khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, Sumatera Barat. Apalagi Air Terjun “Tang Posan” itu mirip dengan Air Terjun Ghonzou China.

Setelah viral dimuat Jurnalsumbar.Com, lalu Pemkab Sijunjung pun cepat tanggap dan melirik untuk menggali potensi wisata yang ada di Jorong Tigokorong, Nagari Lubuktarok, Kecamatan Lubuktarok itu.

Terbukti, pada Rabu (27/11/2019) Tim Dinas Parpora Sijunjung, didampingi unsur nagari dan jorong pun melakukan survei mendatangi objek wisata Air Terjun “Tang Posan” itu.

Kepala Jorong Tigokorong, Eri Zalman kepada awak media Rabu (27/11/2019) pun membenarkan adanya kunjungan dari pihak Pemkab Sijunjung itu ke lokasi Air Terjun “Tang Posan”.

” Ya, Tim dari Pemkab Sijunjung telah meninjau lokasi wisata alam air terjun Tang Posan dengan mengutus tim beranggotakan dua orang. Tim itu didampingi oleh utusan Pemerintah Nagari Lubuktarok dan saya selaku kepala Jorong Tigo Korong juga ikut mengantar tim survey kelokasi,”kata Eri.

Dilokasi air terjun, tim terlihat terkagum kangum dengan keindahan air terjun “Tang Posan”. “Dan ketika di perjalanan pulang tim survey dari Dinas Parpora mengatakan sangat kagum dengan pesono air terjun “Tang Posan”, muda-mudahan kedepan Pemerintah Derah Kabupaten Sijunjung akan membangun fasilitas parawisata air terjun “Tang Posan,” tambah Eri.

Kepala Dinas Parporas Sijunjung, Afrineldi,SH, berterimakasih atas ekspose yang disampaikan Jurnalsumbar.Comterkait adanya objek wisata yang terpendam.

“Nah, atas informasi yang viral di Jurnal Sumbar.Com itupula kami mengutus kawan-kawan melakukan survei. In sha Alloh akan kita alokasikan dana untuk pembangunan infrastruktur maupun untuk perawatan objek air terjun “Tang Posan” itu agar bisa menjadi objek wisata tujuan berwisata bagi wisatawan baik lokal maumpun dari luar daerah. Diharapkan juga disana ada kuliner-kuliner khas Lubuktarok. Disamping menikmati indahnya objek wisata para wisatawan juga bisa menikmati kuliner,”ucap aktor dibalik peraih API Award 2019 itu bangga.

Bukan itu saja, disetiap daerah yang ada objek wusatanya, Dinas Parpora Sijunjung akan berupaya mengembangkannya. Termasuk salahsatunya cagarbudaya objek wisata “Batu Ajung” yang terketak di Batuajung, Nagari Lalan, Kecamatan Lubuktarok.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jorong Tigokorong, Nagari Lubuktarok, menyimpan Air Terjun Sejuta Pesona yang masih perawan dan wisata alamnya sangat eksotis yaitu air terjun “Tang Posan”.

Wisata alam itu tidak banyak yang mengetahuinya dikerenakan air terjun tersebut terletak dalam areal perkebunan masyarakat.

“Untuk menuju air terjun ini sekarang sudah bisa dilalui kenderaan roda dua maupun roda empat apa bila kondisi hari panas (jalan kering-red) karena jalan menuju air terjun ini masih jalan tanah yang sedang didoser untuk pelebaran jalan,”kata Asrijal salah seorang warga setempat.

Ternyata air terjun “Tang Posan” betul-betul menajubkan. “Air terjunnya bertingkat, apabila musin hujan airnya menakjubkan, menambah keindahan air terjun “Tang Posan” dan kolam untuk mandi dan berenang ditambah bebatuan disekiling air terjun seperti diukir berbentuk teras-teras semakin menambah keindahan air terjun,”tambah Asrijal.

Anda penasaran? Nah, silakan kunjungi air terjun “Tang Posan” ajak teman dekat atau pun keluarga anda.jon aidi patopang/ius
editor: Saptarius