Fakultas Seni dan Bahasa, Yuliasma Lalui Ujian Terbuka Doktoral dengan Mulus

761

JURNAL SUMNAR | Padang — Dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (FBS UNP), Yuliasma, MPd berhasil mempertahan disertasinya yang berjudul “Efektivitas Model Pembelajaran Tari Menggunakan Cerita di Sekolah Dasar”, pada ujian terbuka, Senin (11/11). Yuliasma mengungkapkan fakta pada umumnya di sekolah dasar tidak diberikan pembelajaran tari.

Beberapa hal seperti guru tidak mengerti materi tari yang sesuai, guru kurang menguasai keterampilan gerak tari menjadi isu yang menarik dikupas Yuliasma dihadapan promotor Prof Dr Elisna MPd dan kopromotor Dr. Jasrial, M.Pd., dan Prof. Dr. Mukhaiyar, MPd. Betapa tidak, selama ini pembelajaran tari di sekolah dasar tidak mendapat perhatian yang serius, melalui disertasi yang dipertahankannya paling tidak dapat mengatasi kehilangan pembelajaran tari di sekolah dasar, dengan mengajukan dan menguji efektivitas model pembelajaran tari menggunakan cerita di sekolah dasar.

Pada kesempatan itu, Yuliasma menyatakan bahwa penggunaan pembelajaran tari menggunakan cerita tersebut ditujukan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis.

Menurutnya, kegiatan pembelajaran tari model ini merupakan kegiatan kreatif dan unik yang belum ditemui pada model pembelajaran lainnya.

Yuliasma mengemukakan untuk melakukan pembelajaran tari model ini, guru dapat menggabungkan pembelajaran lintas materi dan lintas mata pelajaran dengan dasar cerita tentang kehidupan di lingkungan sekolah.

Dengan demikian, menurut Yuliasma, murid akan lebih mudah dan lebih termotivasi dalam belajar seni tari.

Setelah mempertahankan disertasinya di hadapan promotor dan tim penguji yakni Prof. Dr. Elisna, M.Pd. dan kopromotor Dr. Jasrial, M.Pd., dan Prof. Dr. Mukhaiyar, M.Pd., Prof. Dr. Ardipal, M.Pd., Prof. Dr. Yeni Rozimela, M. Ed., Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd., dan penguji luar lembaga yakni dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Dr. Elindra Yeti, M.Pd., Yuliasma dinyatakan lulusan dan berhak menggunakan gelar doktor dalam bidang ilmu pendidikan. (ET/Agusmardi/Humas UNP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here