Jesse Ewart, Pembalap Team Sapura Cycling Juara Etape 1 yang Finish di Istano Pagaruyung

233

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Pembalap dari Team Sapura Cycling, Jesse Ewart merupakan pembalap tercepat dengan waktu 2 jam 35 menit 03 detik dalam Etape 1 yang digelar, Sabtu (2/11/19). Start di Pantai Gondoriah Kota Pariaman menuju Batusangkar, dan finish di Istano Basa Pagaruyung dengan jarak tempuh sepanjang 107,3 KM.

Seterus disusul pembalap Tim Sapura Cycling, Christian Raileanu dengan waktu 2;35:03 dan pembalap Thanakkan Chayasombat dari Tim Thailand Continental dengan kecepatan  2;37;29 detik.

Untuk juara I, II , dan III memperoleh hadiah uang Rp20 juta, Rp15 juta, dan Rp12 juta diserahkan Wagub Sumbar H Nasrul Habit. Sedangkan pemenang lain memperoleh hadiah uang sebesar Rp2 juta, Rp3 juta serta Rp 5 juta diserahkan Wabup H Zuldafri Darma, Ketua DPRD H.RoniMulyadi Dt. bungsu, dan Sekda Tanah Datar Irwandi Dt Maruhun Sati.

Usai penyerahan hadiah dilanjutkan dengan ‘ makan Bajamba ‘ di atas Istano Basa Pagaruyung merupakan tradisi masyarakat Tanah Datar dalam menghormati pembalap bersal dari berbagai negara.

Pada kesempatan itu, Wabup Zuldafri mengemukakan, aktivitas TdS 2019 dirasa kurang semarak dibanding dari tahun-tahun lalu, lantaran sepinya pengunjung menyaksikan TdS. Namun Wabup berjanji akan melakukan evaluasi terhadap kondisi itu.

Helat TdS yang berakhir di Istano Basa Pagaruyung dihadiri Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit, Fotkopimda Tanah Datar, pimpinan OPD, Niniak mamak, Alim Ulama, cadiak Pandai, pemuka masyarakat, Bundo kanduang, dan masyarakat sekaligus dihibur artis Minang lawak Cakra serta Cabiak. habede.