Paripurna, Fraksi-fraksi DPRD Kuliti RAPBD Tanah Datar Tahun 2020

532

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Ranperda (Rancangan peraturan daerah) APBD 2020 yang diajukan pemerintah daerah mendapat tanggapan delapan fraksi DPRD Tanah Datar, Kamis (14/11/19) dalam sidang paripurna dewan setempat.

Sidang paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Anton Yondra didampingi Ketua Saidani, dihadiri 27 dari 35 anggota dewan, Sekretaris Daerah Irwandi, Sekwan Elizar, pimpinan organisasi perangkat daerah, camat, wali nagari serta undangan lain.

Di kesempatan itu, Jubir (Juru Bicara) Fraksi Perjuangan Golkar Dedi Irawan menyampaikan perihal naiknya anggaran belanja bantuan sosial dan meminta penjelasan apa dasar pertimbangan dan kebijakan peningkatan bantuan sosial tersebut.

Jubir Fraksi PKS Abu Bakar menanyakan perihal rancangan APBD 2020 apakah sudah sesuai dengan RPJMD 2016 – 2021, mengingat waktu itu tahun politik pelaksanaan Pilkada serentak. Maka penggunaan anggarannya sangat rawan penyalahgunaan untuk kepentingan politik praktis.

Seterusnya, Junir Fraksi Hanura Muhamad Haikal menanyakan persoalan anggaran belanja hibah apakah sudah sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dengan memperhatikan pemenuhan belanja yang bersifat wajib seperti pendidikan, pertanian, pelayanan publik, dan pariwisata.

Sedangkan, Junir Partai Gerindra Sulva Hutri menyampaikan, pendapatan daerah pada Ranperda APBD 2020 belum optimal, apa yang menjadi masalahnya dan minta penjelasan dari pemda.

Selanjutnya,tanggapan juga disampaikan Fraksi Demokrat dengan Junir.  Syafril, Fraksi PPP Zulhadi, Fraksi PAN Zulli Rustam, dan Fraksi Partai NasDem Nova Hendri yang berlangsung mulus dan tertib. habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here