Tekan Angka Lakalantas, Satlantas Polres Pessel Luncurkan Program “Papa Hebat”

593

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Jajaran Unit Dikyasa Satlantas Polres Pesisir Selatan melakukan terobosan kreatif dalam upaya minimalisir kecelakaan lalu lintas di jalan raya. “Yaitu melalui program “Papa Hebat”,” ujar Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Cepi Noval, SIK melalui Kasat Lantas Iptu Yuliadi, SH di kantornya, Senin (4/11/2019).

Dikatakan Yuliadi, program “Papa Hebat” yang dilaksanakan Unit Dikyasa Satlantas Polres Pessel ini, menekan angka Lakalantas pada kalangan remaja atau pelajar, terutama mengingatkan serta mengajak para orang tua bersama ikut menekan angka lakalantas dan pelanggaran lalu lintas.

“Ini tugas bersama, termasuk peran orang tua. Maka kita menamakan program tersebut “Papa Hebat”,” cap Kasat Lantas.

Seperti diketahui bersama, pelanggaran dan lakalantas di wilayah Hukum Polres Pessel masih didominasi kalangan remaja atau pelajar. “Jadi, kepada para orang tua serta papa – papa agar tidak memperbolehkan anak – anaknya mengendarai sepeda motor, apalagi usia di bawah 17 tahun. Sementara secara aturan pengendara roda dua minimal usia 17 tahun keatas dan wajib memiliki SIM,” jelas Kasat Lantas.

Ia berharap agar orang bisa meluangkan waktu kantor sedikit, ataupun aktifitas lainya untuk antar jemput anak ke sekolah. Jika, perlu antar jemput melalui jasa ojek, bisa juga angkutan umum yang ada.

“Jadikan Keselamatan berkendara sebagai kebutuhan, himbuan dan sosialisasi seperti ini kita terus lakukan, baik ke sekolah – sekolah, Media dan Radio, juga spanduk ataupun baliho,” jelasnya.

Namun begitu, selain tindakan pencegahan, jajaran Satlantas Polres Pessel tetap akan melakukan tindakan tegas berupa tilang pada pengendara yang tidak mematuhi aturan berkendara. Apalagi saat ini sedang berlangsung Operasi Zebra Langkisau 2019, hingga besok Selasa 5 November 2019.

Dari data selama pelaksanaan operasi zebra dari hari pertama hingga berita ini diturunkan telah melakukan tilang sebanyak 696 tilang, Senin (4/11/2019) pukul 15.00 Wib  dengan jenis pelanggaran bervariasi,  seperti SIM, STNK, HELM, Kendaraan melawan arus,  baik itu roda dua dan roda empat.

” Kita optimis dengan dukungan orang tua,  program “Papa Hebat” ini mampu bisa meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Pessel,” tukuk Kasat Lantas Polres Pessel. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here