12 Mahasiswi D3 Kebidanan Undhari Laksanakan PKL di RSKIA Haryanda

476

JURNAL SUMBAR| Sijunjung – Waw..kren..! Ternyata Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) yang terletak di Jalinsum Tanah Badantung Sijunjung, Sumatera Barat, juga menjadi incaran para mahasiswi untuk melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL).

Terbukti, pada Senin (13/1/2020) sebanyak 12 mahasiswi Universitas Dhamasraya Indonesia (Undhari) melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) ke RSKIA Hariyanda.

Ke-12 mahasiswi Universitas Dhamasraya Indonesia (Undhari) itu didampingi Kaprodi Siti Khotimah, M.Keb dan Dosen Kebidanan, Evin Noviana Sari, M.Keb serta Penanggungjawab Praktik Prodi D3 Kebidanan Undhari, Novvi Karlina, M.Keb.

Di RSKIA Haryanda, mereka ditetima langsung pihak manajemen RSKIA Haryanda dan owner Haryanda, dr.H.Hari Suryana,SpOG.

“Ke-12 mahasiswi yang melakukan PKL ini adalah mahasiswi semester V dan akan melaksanakan PKL hingga 28 hari kedepan,”ucap Direktur RSKIA Haryanda, dr Renta Suhril didampingi Publik Relation (PR) RSKIA Haryanda Saptarius kepada awak media, Senin (13/1/2020) malam.

Bahkan kata Renta, pihak manajemen RSKIA Haryanda juga menyediakan tempat tinggal para mahasiswi PKL itu disekitar RSKIA Haryanda. “PKL yang dilaksanakan Undhari ini adalah kali yang ke-empat,”tambah Renta diamini PR Haryanda, Saptarius.

Kaprodi Undhari, Siti Khotimah, M.Keb
dan Dosen Kebidanan, Evin Noviana Sari, M.Keb serta Penanggungjawab Praktik Prodi D3 Kebidanan Undhari, Novvi Karlina, M.Keb pun tak menapiknya. “Ya, ini adalah kali ke-empat anak didik kami melakukan PKL di RSKIA Haryanda. Lagi pula mahasiswi yang PKL ini bukan hanya dari Kabupaten Dharmasraya saja, tapi juga ada dari Provinsi Sumbar dan dari luar Sumbar. Seperti dari Sijunjung bahkan dari Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo, Jambi juga ada yang kuliah di Undhari,”ucap Kaprodi Undhari, Siti Khotimah, M.Keb yang diamini Dosen Kebidanan, Evin Noviana Sari, M.Keb serta Penanggungjawab Praktik Prodi D3 Kebidanan Undhari, Novvi Karlina, M.Keb.

Dalam PKL di RSKIA Haryanda yersrbut, le-12 mahasiswi Undhari itu akan mendalami ilmu praktek lapangan kebidanan dan keperawatan. Apalagi, pengalaman belajar lapangan merupakan bagian dari belajar mengajar dimana mahasiswa diberi kesempatan untuk lebih memahami serta mampu dan terampil menggunakan ilmu yang telah dipelajari selama di kelas, sehingga diharapkan dapat dihasilkan lulusan bidan yang profesional dan dapat bekerja sesuai bidangnya di masyarakat.

“Praktek ini merupakan salah satu metode pembelajaran pada situasi nyata di masyarakat dengan harapan mampu memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk bisa mencapai kompetensi yang berkaitan dengan mata kuliah. Pengalaman belajar lapangan merupakan bagian dari belajar mengajar dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk lebih memahami serta mampu dan terampil menggunakan ilmu yang dipelajari selama di kelas, sehingga diharapkan dapat dihasilkan lulusan bidan komunitas yang profesional dan dapat bekerja sesuai bidangnya,”tambah Kaprodi Undhari, Siti Khotimah, M.Keb yang diamini Dosen Kebidanan, Evin Noviana Sari, M.Keb serta Penanggungjawab Praktik Prodi D3 Kebidanan Undhari, Novvi Karlina, M.Keb.

Ditambahkannya, bahwa proses pembelajaran Praktek Kerja Lapangan adalah rangkaian dari proses pembelajaran klinik dan lapangan yang harus ditempuh oleh mahasiswa Kebidanan komunitas sebagai tindak lanjut dari proses pembelajaran di kelas dan laboratorium.

“Praktek Kerja Lapangan diharapkan mampu memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk melaksanakan asuhan kebidanan komprehensif di komunitas sebagai kandidat bidan mahir yang meliputi asuhan pada wanita sepanjang daur kehidupan, neonatus, bayi dan balita, melakukan pelayanan pengobatan secara sederhana, penanganan kegawatdaruratan di komunitas dan mempraktekkan sistem informasi dan manajemen kesehatan dalam pelayanan kebidanan komunitas, “imbuh Kaprodi Undhari, Siti Khotimah, M.Keb yang diamini Dosen Kebidanan, Evin Noviana Sari, M.Keb serta Penanggungjawab Praktik Prodi D3 Kebidanan Undhari, Novvi Karlina, M.Keb.

“Kami mengaturkan banyak terimakasih pada pihak manajemen RSKIA Haryanda atas kerjasamanya dalam PKL mahasiswa Undhari di RSKIA Haryanda,”tamba Siti Khotimah. hari suryana
editor;saptarius