Dukung Ketahanan Pangan dan Tingkatkan Hasil Tambak Udang, Danrem 032 Bantu Dekomposer Bios 44

1702

JURNAL SUMBAR | Padang Pariaman – Guna membantu masyarakat dalam mengembangkan budidaya udang khususnya udang Vaname  dengan  menggunakan dekomposer Bios 44, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., melaksanakan kunjungan ke tambak udang di Ketaping, Kecamatan Batang Anai,Kabupaten Padang Pariaman

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, bahwa kegiatan ini berupaya membangun ekosistem yang baik dan produktif dalam mengembangkan budidaya udang di tambak udang dengan menggunakan dekomposer Bios 44 dan juga merupakan demplot atau percontohan nantinya bagi masyarakat sekitar.

“Dengan adanya demplot tambak udang ini, masyarakat sekitar bisa menerapkan dan mempelajari bagaiman cara mengembangkan budidaya udang vaname, dan juga bisa menambah pendapatan masyarakat serta dapat mendukung ketahanan pangan di Sumatera Barat,” ujar pak Kunto, pada Selasa (14/1/2020).

Danrem 032 menambahkan, bahwa saat ini budidaya udang vaname telah dikembangkan di Kota Padang dan sudah dipanen beberapa hari yang lalu dan hasilnya sangat memuaskan terdapat peningkatan signifikan dari hasil panen panen sebelumnya .

“Program ini melanjutkan program yang sudah ada untuk meningkatkan hasil perekonomian ada. Harapan kedepannya selain, bisa meningkatkan  budidaya udang vaname juga akan diterapkan di sepanjang garis pantai daerah Sumbar,” imbuhnya

Dijelaskan, Jenderal Bintang satu itu, bahwa budidaya tambak udang bisa dijadikan pemanfaatan sumber daya manusia (SDM).” Selain itu pemanfaatannya, diharapkan juga  mampu menyerap tenaga kerja di daerah sekitar serta memiliki nilai jual demi menunjang DNA mendukung ketahanan pangan daerah,” tegas Danrem.

Sementara itu, Joni Efendi selaku pemilik tambang mengatakan, bahwa sebagai pengusaha tambak udang dirinya berterimakasih kepada Danrem yang telah berpartisipasi dan peduli kepada penambak udang,” kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Danrem atas bantuanya, pemberian Bios 44. Selama ini Bios 44 telah digunakan untuk pertanian, budidaya perikanan seperti ikan lele dan sejenis ikan kolam lainnya dengan hasil produksi yang meningkat. Kami harapkan dengan hasil yang serupa juga kami harapkan berhasil di tambak kami,” tegas mantan pemain sepakbola Semen Padang ini.

Ditambahkannya juga bahwa dirinya siap untuk menyukseskan program  pengembangan teknologi budidaya udang vaname dengan menggunakan Bios 44 dalam rangka meningkatkan produksi udang, dikarenakan selama ini hasil tambak udang kami masih kurang baik.

“Harapan kedepannya semoga produksi tambak udang kami bisa mengalami peningkatan. Seperti kita ketahui Bios 44 merupakan salah satu dekomposer yang bisa menumbuhkan plankton dan bisa mengurai limbah yang ada di tambak itu,” ungkapnya mengakhiri.

Dalam kesempatan tersebut Danrem   turut didampingi Kasi Intel Korem Kol Kav. Mukmin, Kasiter Kolonel Inf Budi Prasetyo, Kasipers Kolonel Inf Jajang Kurniawan,  Dandim 0312/Padang Kolonel Arh Nova, Dandim 0308/Pariaman Letkol Arm Heri Pujiayanto, Tokoh masyarakat Ketua KAN Ketaping Rajo Sampono, Ketua Persit Koorcabrem 032 Ibu Mia Kunto Danramil Batang Anai Kapten Inf Adeianto, Kapolsek Batang Anai AKP Eroplis.penrem 032/wbr
editor;saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here