Manfaatkan Potensi Kekayaan Lautan Sumbar, Danrem 032 Kembangkan Ikan Sidat Bantu Ekonomi Masyarakat

184

JURNAL SUMBAR | Padang – Waw, kren! Usai melaksanakan peninjauan dan peningkatan budi daya udang vaname di Kabupaten Agam dan Kabupaten Padang Pariaman, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo bersama Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yosmeri turun ke laut Pantai Cimpago dalam rangka sosialisasi penangkapan benih ikan sidat guna mengangkat potensi kekayaan alam laut Sumbar, berlokasi di Pantai Muaro Lasak Padang, (13/1/2020).

Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. Sumbar Ir. Yosmeri menyampaikan bahwa nilai jual Ikan Sidat yang menjanjikan juga menjadi daya tarik tersendiri untuk membudidayakannya, lebih lanjut dijelaskannya bahwa berdasarkan pengamatan menunjukkan bahwa bibit dan benih ikan sidat populasinya banyak dijumpai di perairan Kepulauan Mentawai, karena daerah tersebut selain dikelilingi laut lepas juga banyaknya muara sungai yang menjadi tempat benih ikan sidat tumbuh.

Bapak Ir. Yosmeri bersama stafnya lalu menjelaskan tentang teknis dan cara menangkap benih ikan Sidat. Penangkapan ikan dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, terlebih dahulu menyiapkan jaring yang rapat dengan lobang yang kecil agar benih ikan dapat terjaring. Kemudian jaring disorongkan melawan arah ombak lalu diangkat dan dilakukan berulang ulang.

Kegiatan penangkapan terlebih dahulu diawali dengan berdo’a bersama yang dipimpin oleh Danramil 01/Purus Kodim 0312/Padang Mayor Inf Misno untuk kelancaran, keberhasilan dan keselamatan dalam melaksanakan kegiatan.

Dengan penuh semangat dan tanpa keraguan dengan ombak dibibir pantai, Danrem 032/Wbr langsung turun ke Pantai Muaro Lasak berjalan menuju datangnya ombak sambil menyorongkan jaringnya beberapa kali, dengan teliti mengecek jaringnya setiap kali mengangkat.

Tampak di sebelahnya Dandim 0312/Padang Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha, Dandim 039/Pariaman Letkol Arm. Hery Pujianto dan Dandim 0319/ Mentawai Letkol Czi Bagus Mardianto dengan didampingi masyarakat juga terlihat sangat asyik dan serius dalam menyorongkan jaringnya ketengah laut dan menariknya kembali sambil mengecek hasil.

Setelah beberapa kali melakukan upaya penangkapan, akhirnya berhasil mendapatkan benih ikan Sidat dengan ukuran kecil dan ternyata itu adalah awal mendapatkan benih benih ikan berikutnya, kemudian benih ikan sidat pun dimasukkan ke dalam ember untuk dibudidayakan dengan melalui proses tahapan selanjutnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunti Arief Wibowo bersama Kadis Kelautan dan Perikanan Prov Sumbar dengan mencoba mengangkat potensi lokal yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga merupakan upaya pembelajaran bagi masyarakat dalam budi daya ikan khususnya jenis ikan Sidat.

“Kegiatan ini adalah langkah awal mempelajari tata cara budi daya Ikan sidat, kemudian untuk jenis ikan lain yang bisa dibudidayakan akan kita Budi dayakan”, tambah Danrem mengakhiri.premen 032/wbr
editor;saptarius