Walau Bertongkat, Bupati Irdinansyah Tetap Sempatkan Tinjau Bencana Banjir Batipuh

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Dalam kondisi agak lemah, dan memakai tongkat, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi sempatkan diri meninjau musibah ‘ Banjir bandang ‘ di Jorong Tanjuang Sawah Nagari Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuh Selatan, Jum’at (17/11/20).

Tidak  berapa lama, Bupati yang didampingi asprinya Iqbal memperlihatkan tanggung jawabnya, dan sudah berada di lokasi banjir bandang. Ia memantau langsung dan memberi arahan kepada  wali nagari, pemuka masyarakat,  dan masyarakat korban untuk penanggulangan kondisi yang ada, kondisi banjir bandang yang memporakporandakan rumah-rumah masyarakat.

Dari catatan sementara, data yang diperoleh dari BPBD Tanah Datar, banjir bandang merusak lima unit rumah, satu bengkel, kantor PDAM, dan kantor jorong.

Sedangkan daftar kerugian harta benda tercatat 15 karung padi, 10 karung jagung, dua ekor sapi ternak, 10 ekor kambing, satu sepeda motor, dan satu unit mobil.

Siang Jumat, petugas gabungan, BPBD,TNI, dan Polri masih menunggu alat berat dari tim teknis berasal dari lintas instansi, baik provinsi maupun kabupaten untuk membersihkan material, batang kayu, bebatuan besar, dan lumpur.

PERANTAU SIJUNJUNG

Pada kesempatan itu, bupati Tanah Datar Irdinansyah yang berada di lokasi banjir bandang, mengatakan, penyebab banjir bandang sedang dipelajari dengan menelusuri hingga ke hulu dengan memakai peralatan drone.

Untuk penyelamatan, para korban banjir bandang telah diungsikan ketempat lebih aman. ” Kita mengharapkan masyarakat sekitar menjauhi lokasi bencana karena dikhawatirkan masih akan ada banjir susulan,” ucap Bupati.

Dikatakan Irdinansyah , soalnya cuaca masih kurang bersahabat. Di hulu sungai terjadi longsoran disertai air. Untuk itu diharapkan masyarakat agar menjauh sementara lokasi banjir bandang.

Terakhir bupati meminta pihak terkait membuka dapur umum dan posko bencana, dan penanganan pasca bencana untuk membersihkan material yang menutup badan jalan sepanjang 250 meter.

Dalam kunjungan Bupati ke lokasi bencana, ikut serta Kapolres Padang Panjang AKBP  Sugeng, Kepala Dinas Sosial dan PPA Yuhardi, Kepala Dinas Perkim LH Dessy, Kepala Dinas PU Novi, Kelaksa BPBD Thamrin, Kasat Pol PP Damkar Yusnen, dan staf lain.

Sedangkan pada di kesempatan yang sama, Sekda Irwandi Dt Maruhun Sati menyerahkan bantuan sembako dan terpal kepada korban bencana banjir bandang. habede.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.