Tahun 2020, BPS Kabupaten Pessel akan Gelar Sensus Penduduk Secara Online

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Badan Pusat Statistik (BPS) Pesisir Selatan akan mengelar sensus penduduk secara online pada tahun 2020, dan sekaligus mengadakan pelatihan Susenas 2020 di Kabupaten Pesisir Selatan bertempat di hotel Saga Murni, Senin (03/02/2020)

Kepala BPS Pesisir Selatan Yudi Yos Elvin menyampaikan bahwa masyarakat nantinya dapat memberikan informasi data kependudukan pada bulan Februari sampai Maret 2020 melalui situs sensus.bps.go.id yang dapat di akses melalui smartphone,laptop, dan komputer.

“Basis data sensus adalah nomor KTP dan Kartu Keluarga” Kata Kepala BPS Pesisir Selatan Yudi Yos Elvin.

Sedangkan untuk daerah yang belum terpasang sinyal telekomunikasi petugas BPS yang nantinya akan terjun kelokasi dengan metode tradiosional.

Epi

Adapun verifikasi ulang data akan dilaksanakan pada Juli 2020,dengan terjun kelapangan dan pencacahan.

Lanjutnya Kepala BPS Pesisir Selatan menyampaikan untuk membangun satu data kependudukan menurutnya di perlukan sikronisasi antara data dukcapil yang de jure dan terintregitas sesuai dokumen kependudukan dan BPS yang akan melakukan secara de fakto melalui sensus.

Yudi menambahkan sensus penduduk dapat menghasilkan data yang kredibel dan valid sehingga dapat menyediakan data demogratif dimana mengetahui jumlah penduduk yang berdomisiki di wilayah administrasi terkecil,penguatan data administrasi kependudukan,evaluasi pembangunan RPJMD dan SDGs dan perencaaan di berbagai bidang.

Pada kesempatan yang bersamaan acara pembukaan pelatihan susenas 2020 di hadiri Bupati Pesisir Selatan yang di wakili Asisten III Hamdi dan seluruh Pejabat di lingkungan BPS Pesisir Selatan serta dibuka secara simbolis oleh Kepala BPS Pesisir Selatan. (R)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.