UNP Kembali Yudisium 838 Lulusan Program Pendidikan Guru

648

JURNAL SUMBAR | Padang — Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan yudisium kepada 838 peserta Program Pendidikan Guru (PPG) yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Yudisium Lulusan Pendidikan Profesi Guru Angakatan Ke-6 dan 7 Tahun 2019 digelar di Auditoirum UNP, Senin (17//2/2020).

Meski sumber belajar saat ini tidak hanya berpusat pada guru tetapi sudah ada di dalam jaringan, namun keberadaan dan eksistensi guru di era igital technologi tersebut tidak sepenuhnya dapat menggantikan peran guru. Guru bukan hanya mengajar yang mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik, melainkan memberikan bimbingan, latihan, teladan, pembiasaan, dan kasih sayang dan cinta kasih serta menyentuh hati nurani dan pribadinya dalam rangka pembentukan karakter, mental dan moral peserta didik.

Rektor UNP, Prof Ganefri dalam sambutanya menjelaskan guru tetap yang utama membimbing siswa saat belajar. Teknologi hanya sarana atau alat yang tergantung kepada tujuan dari orang yang menggunakannya. Dengan demikian ada sebagian tugas yang dikerjakan guru, dan sebagian tugas lainnya didelegasikan kepada peralatan teknologi digital.

“Keberadaan teknologi digital sebagian dapat menggantikan atau membantu peran guru terutama pada aspek pengajaran yang bertumpu pada transfer of knowledge and tekhnology and skill, namun tidak dapat menggantikan peran guru sebagai pendidik, yang bertugas membentuk karakter, mental, kepribadian, sikap dan tabi’at melalui penanaman nilai-nilai luhur, yang berbasis pada agama dan nilai-nilai budaya luhur yang dilakukan dengan cinta kasih, melalui keteladanan, bimbingan, latihan, pembiasaan, dan sebagainya,” ungkapnya.

Ganefri menambahkan baru-baru ini informasi yang amat penting renungkan kembali adalah hasil kemampuan berpikir dasar anak-anak dalam penelitian PISA sebagai dasar untuk memprediksi kesuksesan seseorang pada Masa depannya. Kemampuan berpikir dasar tersebut adalah tiga bidang yakni matematika, sains, dan membaca.

“Berkaitan dengan hasil rangking PISA tersebut, Mendikbud telah melakukan perubahan-perubahan penting agar pendidik bisa melakukan inovasi yang disebut dalam wawasan merdeka belajar. Rendahnya kemampuan dasar bidang Matematika, Sains, dan Membaca merupakan tanggung jawab guru, pengelola pendidikan, dan tanggung LPTK,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Rektor UNP Prof Ganefri menyerahkan sertifikat lulusan PPG sebanyak 838 orang yang terdiri dari lulusan FBS sebanyak 138 lulusan, FT sebanyak 135 lulusan, FMIPA sebanyak 142 lulusan, FIP sebanyak 333 lulusan, FIK sebanyak 26 lulusan, FPP sebanyak 24 lulusan, dan FIS sebanyak 37 lulusan. (Agusmardi/Humas UNP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here