Antisipasi Dampak Covid-19, Bupati Hendrajoni Minta OPD Batasi Kegiatan di Keramaian

235

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Langkah pencegahan Covid-19, Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni menyampaikan dan mengimbau agar seluruh masyarakat Pesisir Selatan meningkatkan kewaspadaan diri dengan berperilaku hidup sehat. Untuk sementara kegiatan pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan dikurangi yang sifatnya menghadirkan keramaian.

“Jika bisa ditunda, namun jika tidak bisa dilakukan pendekatan selektif tertutup. Kegiatan yang sifatnya umum ditunda,” tegas Hendrajoni saat jumpa pers di Media Center Humas dan Protokoler Setdakab, Selasa (17/3/2020).

Lebih lanjut dikatakan, pemkab juga menggratiskan biaya pengobatan pasien Covid-19. Bupati juga meminta masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Karena masih belum ada yang positif terkena Covid-19 di Pesisir Selatan, maka sekolah masih belum diliburkan, karena berkaitan dengan pelaksanaan ujian nasional SMK, SMA dan SMP.

Bupati menambahkan bahwa pihaknya bersama Forkompimda akan melakukan gerakan bersama di daerah perbatasan, dengan melakukan kegiatan-kegiatan, diantaranya membersihkan fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet yang merupakan tempat transit bagi orang-orang dari luar yang datang dengan disinfektan, dan juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ada diperbatasan.

Untuk tempat wisata sudah disepakati bersama akan tetap dibuka, karena dampaknya terhadap ekonomi masyarakat, hanya saja pengawasan terhadap wisatawan diperketat, terutama yang dari luar Pesisir Selatan.

Kemudian diinstruksikan kepada seluruh tenaga dan fasilitas kesehatan (Puskesmas, Pustu, Puskesri dan Rumah Sakit) agar melakukan pemantauan terhadap masyarakat, bila menemukan ciri-ciri yang mengarah ke Covid-19 agar dibawa ke RSUD Dr.Muhammad Zein Painan untuk dilakukan penanganan medis.

Sementara itu Tugas Tim Reaksi Cepat Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 tersebut antara lain  melakukan pendataan, koordinasi, melakukan sinergi dengan pihak-pihak terkait, dan langsung tindak lanjutnya.

Pada jumpa pers tersebut dihadiri Sekda, Erizon, Kadis Kesehatan, dr.Satria Wibawa, Kadis Pendidikan dan Kabudayaan, Suhendri, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Evafauza Yuliasman, Direktur RSUD M.Zein Painan, dr.Sutarman, Kabag Humas dan Protokoler, Rinaldi.(RD)