DPRD Pessel Desak Pemkab Gencar Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona

235

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mendesak pemerintah kabupaten untuk gencar lakukan sosialisasi tentang informasi penyebaran virus corona Covid 19, dan cara pencegahannya kepada masyarakat.

Hal tetsebut diungkapkan, oleh Ketua Komisi IV DPRD Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra dalam hearing bersama dinas terkait. Ia meminta, instansi terkait harus proaktif dan gencar memberikan sosialasi kepada masyarakat untuk segala kalangan.

“Sesuai rekomendasi Komisi IV agar instansi terkait melakukan sosialisasi yang sifatnya tidak untuk rutinitas reguler saja. Tetapi, memang proaktif manyampaikan. Sehingga masyarakat dapat informasi yang benar tentang corona,” ungkap Dedi Rahmanto Putra usai hearing di Gedung DPRD bersama pihak Dinkes, RSUD, Senin(16/03/2020)

Dedi menjelaskan, sejauh ini terkait informasi tentang penyebaran virus corona masih simpangsiur di tengah masyarakat. Apalagi dengan cepatnya informasi di media sosial, sehingga butuh ketegasan pemerintah untuk memastikannya.

“Karena disadari informasi dari media sosial lebih duluan. Kadang informasi media sosial itu, ada yang benar adanya tidak. Jadi dengan harapan seperti itu, masyarakat bisa tersecarahkan teredukasi, dengan apa yang sudah kita rekomendasikan,”jelasnya.

Selain sosialisasi, lanjutnya pemerintah daerah juga harus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam melakukan pencegahan virus corona covid 19. Tidak hanya, soal rutinitas tapi juga tentang alat medis yang dibutuhkan, terutama untuk petugas.

“Alat perlidungan dirinya, itu harus lengkap. Jadi instansi terkait harus segera punya solusinya. Dan kita harap, Pesisir Selatan bisa terjauh dari corona,” ujarnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, bakal berupaya memaksimalkan pencegahan yang diminta Komisi IV DPRD setempat. Sebab, sejauh itu Pemkab mengakui, hal antisipasi yang diharapkan.

“Dan ini akan kita tindaklanjuti, dan pimpinan saat ini sedang membahas hal itu bersama provinsi. Intinya, kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pencegahan,” tutup Sekretaris Dinkes Pessel, Yuni Andra.

Seperti diketahui, virus corona kini telah menjadi ancaman internasional. Bahkan, dampak penyebaran telah sampai ke Indonesia, dengan 117 orang yang dinyatakan positif hingga terakhir ini.

Sementara untuk Sumatera Barat, khususnya di Pesisir Selatan belum ada laporan resmi terkait warga yang positif corona , dan Pemkab mengaku masih terus melakukan upaya meski belum terasa secara nyata. (RD)