Cegah Penularan Covid-19, DPRD Pessel Tunda Kunjungan Kerja ke Luar Daerah

112

JURNAL SUMBAR | Painan – Menyikapi wabah Virus Corona atau kini dikenal Covid-19, DPRD Kabupaten Pesisir Selatan tunda kunjungan kerja ke luar daerah, baik dalam provinsi maupun luar provinsi. Hal ini diputuskan dalam rapat pimpinan DPRD dengan pimpinan Fraksi, Selasa (17/3-2020) di ruang rapat Komisi IV.

“Kita tunda semua kunjungan kerja ke luar daerah,” sebut Novermal, SH, Ketua Fraksi PAN via ponselnya ketika dimintai penjelasannya. “Ini kesepakatan pimpinam DPRD dan pimpinan Fraksi,” tambahnya.

Dikatakan Novermal, penundaan kunjungan kerja yang sudah diagendakan Badan Musyawarah itu tak lain demi keselamatan anggota dewan itu sendiri, dan juga orang-orang yang berinteraksi dengannya. “Ini demi keselamatan kita semua,” tegasnya.

Ditambahkannya, bila dipaksakan, bisa berdampak penularan kepada keluarga dan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya sepulang kunjungan. “Anggota dewannya bisa saja selamat karena daya tahan tubuhnya bagus, tapi bisa berakibat fatal bagi keluarga dan masyarakat yang daya tahan tubuhnya lemah ketika berinteraksi dengannya,” ujar Novermal mencontohkan.

“Makanya kami sepakat menunda semua agenda kunjungan kerja luar daerah dalam bulan ini,” tegas Novermal.

Mengisi kekosongan agenda, Novermal menjelaskan, DPRD mengisinya dengan kegiatan kedewanan di daerah. “Kita isi dengan kegiatan koordinasi dengan pemerintah daerah, dan melayani masyarakat di kantor dan di daerah pemilihan,” jelas politisi berlatar belakang wartawan itu. (Suandi)