Cegah Covid-19, KAI Divre Sumbar Semprot Seluruh Sudut Gerbong Kereta Api

164

JURNALSUMBAR | Padang – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumatera Barat (Sumbar) melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh sudut gerbong kereta api (KA). Hal ini sebagai langkah antisipasi penyebarluasan virus corona.

Pencucian KA ini dilakukan luar dalam. Mulai dari menyapu lantai, membersihkan debu dan bagian langit-langit kereta hingga toilet. Setelah itu baru disemprotkan disinfektan untuk mematikan kuman-kuman.

“Setiap selesai beroperasi dan tiba di stasiun akhir, KA juga akan dicuci. Ini untuk menjaga kebersihan,” kata Kepala Humas PT KAI Divre II Sumbar Muhammad Reza Fahlepi, Selasa,17 Maret 2020.

Ada tujuh orang petugas yang rutin mencuci KA. Kami menggandeng BPBD Kota Padang untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Setiap selesai beroperasi dan tiba di stasiun akhir, KA juga akan dicuci. Ini untuk menjaga kebersihan,” kata Kepala Humas PT KAI Divre II Sumbar Muhammad Reza Fahlepi, Selasa, 17 Maret 2020.

PT KAI juga mengaku telah melakukan langkah preventif penyebaran virus corona. Di antaranya, melaran penumpang yang terindikasi deman dengan ciri-ciri mengarah ke corona. Kemudian menempatkan petugas khusus untuk mengecek suhu badan calon penumpang

“Jika ada penumpang yang suhu panasnya mencapai 38 derajat celcius ke atas, dan atas rekomendasi petugas kesehatan, maka dia dilarang naik KA,” katanya.

Penumpang kereta api di Kota Padang juga diwajibkan menggunakan pencuci tangan (hand sanitizer) di setiap keberangkatan. Selain itu, para penumpang KA juga akan mendapatkan pembagian masker gratis. (KR)